Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I dan Pelindo III Jalin Kerja Sama Jasa Pemanduan Selat Malaka

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama pemasaran dan pelayanan jasa pemanduan di di Perairan Selat Malaka Selat Singapura. Kongsi ini bakal menggarap potensi pasar sebanyak 82.850 kapal yang melintas di Selat Malaka -- Selat Singapura.
Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara/Bisnis.com - Ni Putu Eka Wiratmini
Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara/Bisnis.com - Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama pemasaran dan pelayanan jasa pemanduan di di Perairan Selat Malaka – Selat Singapura. Kongsi ini bakal menggarap potensi pasar sebanyak 82.850 kapal yang melintas di Selat Malaka -- Selat Singapura.

Penandatanganan kerja sama marine service antara kedua perusahaan pelabuhan pelat merah diteken oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1, Iman A. Sulaiman dan Pjs. Direktur Utama PT Pelindo Marine Services, Ali Sodikin di Medan, Jumat (3/11/2017).

Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I mengatakan kongsi antara perseroand dengan Pelindo III merupakan bagian dari sinergi BUMN dan diharapkan bisa mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan dan anak usaha. Dia menggambarkan, Pelindo I sudah mendapat limpahan wewenang untuk menggarap jasa pemanduan di Selat Malaka -- Selat Singapura. "Sedangkan Pelindo 3 juga sudah membangun network, jadi potensi coverage market-nya bisa lebih ditingkatkan jika kami bersinergi,” jelas Bambang dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (3/11/2017).

Di lain pihak, Ari Askhara, Direktur Utama Pelindo III berharap ke depan kerja sama antarBUMN bisa terus berkembang dan berkelanjutan. Walhasil, daya saing BUMN bisa meningkat baik di kancah nasional maupun internasional. Pelindo 3 membuka diri dan mencari peluang untuk terus bekerjasama dengan BUMN lainnya,” ujarnya.

Dalam pemasaran dan pelayanan jasa pemanduan, kerja sama mencakup pemanduan untuk kapal-kapal keagenan PT Pelindo Marine Services dan atau kapal dari pihak lain yang dipasarkan oleh Pelindo Marine Services. Kerja sama juga mencakup penyediaan sarana dan prasarana pemanduan, peyediaan personil pandu yang berkompeten, serta pengurusan perizinan dari instansi atau departemen terkait.

Sebagaimana diketahui, Selata Malaka dan Selat Singapura merupakan salah satu perairan paling sibuk di dunia. Data Kementerian Perhubungan menunjukkan, pada 2009 jumlah kapal yang melintasi selat ini mencapai 71.350 dan meningkat menjadi 82.850 kapal pada 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper