Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian Jamin Daya Saing Produk Indonesia

Sistem mutu dan teknologi pengujian diyakini menjadi aspek yang menjamin produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.
Ilustrasi/ANTARA-Umarul Faruq
Ilustrasi/ANTARA-Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem mutu dan teknologi pengujian diyakini menjadi aspek yang menjamin produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Jasa Ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mego Pinandito mengatakan hal tersebut berimplikasi pada posisi produk Indonesia dalam konteks perbandingan produk negara lain yang diimpor.

“Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mutu suatu produk berkorelasi erat dengan variabel-variabel yang merepresentasikan ukuran kesuksesan suatu perusahaan, seperti peningkatan pangsa pasar, profitabilitas, dan angka penjualan,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi LIPI, Rabu (18/10/2017).

Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Agus Fanar Syukri berujar pemerintah perlu memperkuat aspek suprastruktur dan infrastruktur terkait sistem mutu dan teknologi pengujian.

Pasalnya, sistem mutu memungkinkan elemen-elemen mendasar terkait produksi dan organisasi berorientasi pada kualitas. Sementara, teknologi pengujian memungkinkan mutu produk dapat terukur dan dievaluasi.

Menurutnya, kebijakan haruslah diformulasikan secara tepat guna dan tepat sasaran. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah perlu mendorong para peneliti agar dapat melaksanakan penelitian atau riset.

“Yang hasilnya dapat berdampak signifikan dan dapat diaplikasikan langsung oleh industri, usaha kecil menengah maupun masyarakat luas serta mampu membantu pemerintah dalam membuat kebijakan terkait dengan penguatan peran sistem mutu dan teknologi pengujian,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper