Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jonan Sambangi Raksasa Energi Jepang

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tengah melakukan kunjungan kerja ke Jepang untuk membahas kerja sama di bidang energi. Kunjungan Jonan dimulai pada Senin (16/10) hingga Rabu (18/10).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tengah melakukan kunjungan kerja ke Jepang untuk membahas kerja sama di sektor energi. Kunjungan Jonan dimulai pada Senin (16/10) hingga Rabu (18/10).

"Menteri Jonan beserta delegasi akan melakukan pertemuan dengan LNG Japan Corporation yang merupakan badan usaha yang bergerak pada bisnis LNG [gas alam cair] yang mencakup mulai dari proses pengembangan hulu gas, eksplorasi, pengangkutan dan pembongkaran LNG di terminal," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Dadan Kusdiana, Senin (16/10).

Jonan juga akan bertemu Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi. Dalam pertemuan ini akan dibahas kerja sama strategis Indonesia – Jepang dalam pembangunan infrastruktur dan kerja sama bilateral lainnya.

Menteri ESDM juga akan melakukan pertemuan dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Sebagaimana diketahui, JBIC merupakan lembaga pendanaan publik dan badan kredit ekspor yang dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Jepang.

Selanjutnya, pertemuan bersama delegasi akan Japan Petroleum Exploration Co. Ltd atau biasa dikenal dengan Japex. Japex merupakan perusahaan Jepang yang berdiri sejak tahun 1970 dan sudah cukup lama melakukan investasi di Indonesia.

Pertemuan dengan Inpex juga dilakukan di hari Selasa. Sebagaimana diketahui, hasil Kunjungan Menteri ESDM ke Jepang tanggal 13-16 Mei 2017 lalu, dalam pertemuan dengan INPEX adalah untuk mempertahankan tingkat produksi Blok Mahakam.

Agenda berikutnya adalah pertemuan dengan Mitsubishi Corporation. Investasi Mitsubishi di sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia meliputi bidang minyak dan gas bumi, ketenagalistrikan, dan pertambangan. Usai bertemu Mitsubishi Corporation, agenda dilanjutkan dengan Tokyo Gas.

Dalam pertemuan dengan Tokyo Gas medio Mei lalu, Menteri ESDM menyambut positif harapan Tokyo Gas agar Indonesia tetap memasok kebutuhan akan gas dan tawaran dari Tokyo Gas untuk membawa teknologi gasnya ke Indonesia. Agenda hari Selasa Menteri ESDM akan ditutup dengan bertemu Japan International Cooperation Agency (JICA).

Terakhir, Rabu, agenda Menteri ESDM berikutnya adalah menghadiri dan menyampaikan pesan kunci dalam LNG Producer Consumer Conference 2017. Dalam konferensi ini Menteri Jonan akan menyampaikan materi tentang pengembangan LNG yang berkelanjutan di Indonesia. Disela-sela konferensi, Menteri Jonan juga diagendakan bertemu dengan Menteri Energi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper