Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 3 Raksasa Pemilik Cadangan Minyak Terbesar di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian ESDM, cadangan terbukti minyak bumi Indonesia saat ini sebesar 3,3 miliar barel. Cadangan terbukti minyak menurun sejak 2009 sebesar 4,4 miliar barel.

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan data Kementerian ESDM, cadangan terbukti minyak bumi Indonesia saat ini sebesar 3,3 miliar barel. Cadangan terbukti minyak menurun sejak 2009 sebesar 4,4 miliar barel.

Namun, masih terdapat cadangan potensial, dan unrecoverable serta potensi sumber daya yang dapat diambil seiring dengan investasi, keekonomian, dan perkembangan teknologi.

"Cadangan terbukti minyak kita sebesar 3,3 miliar barel. Kita berupaya untuk terus tingkatkan eksplorasi migas dalam rangka meningkatkan cadangan," kata Kepala Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana di Jakarta, Selasa (11/10).

Senada dengan upaya peningkatan eksplorasi, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar menyampaikan bahwa realisasi pengeboran sumur migas untuk eksplorasi meningkat pada tahun ini apabila dibandingkan tahun lalu.

"Hingga saat ini, pengeboran sudah dilakukan di 40 sumur, lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 34 sumur. Hingga akhir tahun, aktifitas pengeboran pun diharapkan masih dapat meningkat,"ujar Wamen Arcandra pada pertemuan dengan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas (29/9).

Sebagai informasi, cadangan terbukti minyak bumi sebesar 3,3 miliar barel tersebut, diidentifikasi dari KKKS yang beroperasi di Indonesia. Tiga KKKS dengan cadangan terbesar yaitu PT Pertamina sekitar 1.237 juta barel, Chevron Pasific Indonesia sebesar 639 juta barel dan Pertamina Hulu Energi ONWJ LTd sebesar 427 juta barel.

Sebagaimana informasi, selain cadangan terbukti, masih terdapat cadangan potensial minyak bumi sebesar 3,9 miliar. Selain itu, terdapat unrecoverable oil sebesar 55 miliar barel dimana 4,6 miliar barel diantaranya merupakan potensi yang dapat diambil dengan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR). Adapun pontesi sumber daya migas Indonesia sekitar 84,4 miliar barel oil ekuivalen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper