Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang HUT TNI, Kapal Penyeberangan di Merak Dialihkan

ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal mengubah pola operasi penyeberangan di Pelabuhan Merak menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2017. Kapal yang siaga di Dermaga III, Dermaga IV, dan Dermaga VI untuk sementara bakal dialihkan ke Dermaga I dan Dermaga II.
Foto aerial suasana Pelabuhan Merak, Banten./Antara-Sigid Kurniawan
Foto aerial suasana Pelabuhan Merak, Banten./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal mengubah pola operasi penyeberangan di Pelabuhan Merak menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2017. Kapal yang siaga di Dermaga III, Dermaga IV, dan Dermaga VI untuk sementara bakal dialihkan ke Dermaga I dan Dermaga II.

Direkur Utama ASDP, Faik Fahmi mengatakan lokasi perayaan HUT TNI berlangsung di Dermaga Indah Kiat yang hanya berjarak 1,2 km dari Pelabuhan Merak. Kegiatan itu bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Perayaan diperkirakan bakal menyedot 80.000 pengunjung, baik dari kalangan personel TNI maupun masyarakat sipil.

Faik mengapresiasi acara defile kendaraan tempur dalam perayaan HUT TNI, Kamis (5/10/2017). "Dirgahayu TNI yang ke 72, semoga dapat terus maju dan menjadi kebanggaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami berharap, perayaan besok berjalan lancar," ujar Faik melalui siaran pers, Rabu (4/10/2017).

Faik menerangkan, ASDP telah menyiapkan strategi agar pelayanan penyeberangan tetap berlangsung. ASDP juga telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penyeberangan feri selama acara perayaan HUT TNI berlangsung.

Faik mengimbau pengguna jasa agar mengatur waktu perjalanannya jika ingin menyeberang dari Merak ke Bakauheni atau sebaliknya. Dia menambahkan, pada 5 Oktober 2017, pelayanan Angkutan Penyeberangan di Dermaga VI Pelabuhan Merak akan ditutup pada pukul 01.30 WIB.

Sementara itu, Dermaga III dan IV Pelabuhan Merak akan ditutup mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Dengan adanya penutupan ini maka kapal kapal yang beroperasi di Dermaga III, IV dan VI akan dikeluarkan dari jadwal lintasan.

GM ASDP Cabang Merak Fahmi Alweni, mengatakan pengguna jasa penyebrangan bakal dialihkan ke Dermaga I dan Dermaga dengan jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 12 kapal. "Ini sifatnya fleksibel jika memang terdapat muatan. Intinya, kami berupaya semaksimal mungkin untuk melayani penumpang reguler," jelas .

Dia menekankan, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak akan mulai beroperasi kembali seperti normam setelah selesai acara puncak yakni pada pukul 15.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper