Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Guyur Rp1,7 Triliun Benahi Pelabuhan Benoa

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) terus berupaya mengembangkan salah satu pelabuhan wisatanya guna mendongkrak kunjungan wisatawan terutama wisatawan kapal pesiar/cruise ship.
Para penumpang sedang antri pemeriksaan tiket sebelum memasuki kapal di Pelabuhan Benoa./Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum
Para penumpang sedang antri pemeriksaan tiket sebelum memasuki kapal di Pelabuhan Benoa./Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) terus berupaya mengembangkan salah satu pelabuhan wisatanya guna mendongkrak kunjungan wisatawan terutama wisatawan kapal pesiar/cruise ship.

Kali ini infrastruktur berupa alur masuk ke Pelabuhan Benoa akan dilakukan pelebaran dan pendalaman. Pada Senin (18/9/2017) dilakukan sandbreaking ceremony of the benoa tourism port di Dermaga Timur Terminal Internasional Pelabuhan Benoa.

Turut hadir Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan;President Director Pelindo III Ari Askhara; Gubernur Provinsi Bali, Walikota Denpasar untuk menyaksikan sand breakingpengerukan alur Benoa.

President Director Pelindo III, Ari Askhara menyebut peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ke Bali via jalur laut dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sejak 2010 jumlah wisatawan yang semula hanya 13.683 orang mengalami peningkatan tiap tahunnya sebesar 5% yang diperkirakan pada tahun 2018 mencapai 91.325 orang.

“Jumlah tersebut akan meningkat seiring akan dilakukannya pendalaman dan pelebaran alur. Hari ini dilakukan sand breaking sebagai tanda pengerjaan dimulai. Investasi yang dikeluarkan Pelindo III untuk pembangunan Pelabuhan Benoa mencapai Rp1,7 triliiun dengan investasi infrastruktur terminal Rp500 miliar dan Rp1,2 triliiun untuk pengerjaan kolam dermaga dan alur pelayaran,” jelasnya dalam siaran pers pada hari yang sama.

Upaya tersebut dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan jumlah wisatawan saja, namun untuk mendorong agar Bali tidak hanya menerima penumpang lewat saja tetapi juga bermalam dan berbelanja sehingga perekonomian juga bisa mendapatkan dampak yang positif.

Pulau Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata kapal pesiar di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena memiliki wisata pantai dan alam yang menarik serta masyarakat adat yang masih kental dengan budaya dan kearifan lokalnya. Event-event maupun konferensi internasional juga sering diselenggarakan di Pulau Dewata.

“Dengan semakin banyaknya tamu mancanegara yang datang ke Bali mengikuti event internasional, merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan pariwisatanya sehingga mereka tertarik untuk datang ke Indonesia lagi, tentunya didukung dengan infrastruktur yang memadai,” tutur Ari.

Kondisi eksisting Pelabuhan Benoa saat ini memilki kedalalaman alur -8 meter Low Water Spring (LWS) yang bisa mengakomodir kapal pesiar dengan panjang kurang dari 210 meter dengan kapasitas penumpang kurang dari 1.400 orang.

“Setelah sand breaking nanti, kedalaman alur bisa mencapai -12 meter LWS, sehingga kapal dengan panjang lebih dari 300 meter dengan membawa 5.000 penumpang bisa sandar di Pelabuhan Benoa. Diperkirakan pertumbuhan wisatawan akan mencapai 28% atau sebesar 119.745 wisatawan pada 2019 bahkan diprediksi mencapai 6.131.185 wisatawan pada 2030,” jelas Ari.

Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra menambahkan bahwa guna mendukung pelayanan kapal pesiar, beberapa fasilitas juga dikembangkan di Pelabuhan Benoa seperti dermaga timur yang awalnya 290 meter diperpanjang menjadi 340 meter, perluasan terminal penumpang internasional dengan total 7.887 m2 dengan area kedatangan dan keberangkatan masing-masing 1.000 m2 dan 1.238 m2.

“Sementara itu, trend kapal pesiar di Asia mengalami pertumbuhan 40% sejak tahun 2012. Sedikitnya 1.320 kapal pesiar beroperasi di Asia pada 2016. Di wilayah Australia juga menunjukan peningkatan dari tahun 2014-2015 mengalami pertumbuhan 14,6% tercatat 538 kapal pesiar beroperasi,” pungkas Wendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper