Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kegiatan Jonan di Luar Persoalan Energi

Dengan berkendara motor Vespa, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bersama Pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) serta pemuda lintas agama lainnya, seperti Generasi Muda Budha Indonesia (GEMA BUDHI), Pemuda Katolik Indonesia dan Pemuda Kristen Indonesia, melaksanakan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah.

Bisnis.com, JAKARTA — Dengan berkendara motor Vespa, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bersama Pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) serta pemuda lintas agama lainnya, seperti Generasi Muda Budha Indonesia (GEMA BUDHI), Pemuda Katolik Indonesia dan Pemuda Kristen Indonesia, melaksanakan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah.

Setelah pada bulan lalu membersihkan gereja, kali ini giliran membersihkan Masjid Jami'yyatul Iman di Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Kegiatan rutin periodik setiap bulan ini dilaksanakan sebagai bukti keberagaman juga sebagai wujud toleransi untuk menghilangkan pembatas antarumat beragama.

"Acara bersih-bersih rumah ibadah ini merupakan bukti keberagaman masyarakat Indonesia. Semangat gotong-royong yang dimiliki bangsa Indonesia juga penting dan juga menghapus atau mengurangi sekurang-kurangnya sekat-sekat karena agama, karena suku," ujar Jonan usai membersihkan tempat wudhu Masjid Jami'yyatul Iman di Menteng Pulo Jakarta Selatan, Minggu (17/9).

Jonan menambahkan, bersih-bersih rumah ibadah masjid, gereja dan vihara ini merupakan wujud dari semangat gotong royong dan semangat persatuan masyarakat dan persatuan bangsa terutama pemuda sebagai generasi muda.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih rumah ibadah ini merupakan agenda rutin bulanan pemuda lintas agama untuk menumbuhkan rasa persaudaraan antar umat beragama.

"Kita bersihkan rumah ibadah secara bergantian, bulan kemarin gereja, sekarang Masjdi dan bulan depan rencana kami Vihara secara bergantian, jadi seluruh komunitas agama, anak-anak muda lintas agama bareng-bareng bersiin masjid, vihara dan gereja. Kemudian dalam proses pengerjaan bersih-bersih itu itu juga ada dialogkan antara satu dengan yang lain sehingga ada mutual understanding tumbuh rasa persaudaraan antara satu dengan yang lain,"ujar Dahnil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper