Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAPI WAJIB BUNTING: Aceh Didorong Pacu Upsus Siwab

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian mendorong Provinsi Aceh memacu pelaksanaan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, JAKARTA - Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian mendorong Provinsi Aceh memacu pelaksanaan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita meminta agar Provinsi Aceh terus menggenjot pelaksanaan Upsus Siwab, apalagi pelaksanaan Upsus Siwab 2017 menyisakan waktu efektif tiga bulan.

“Strategi yang kita gunakan yaitu dengan memastikan sapi/kerbau betina dewasa sebagai akseptor untuk dibuntingkan dengan menggunakan teknik IB [Inseminasi Buatan]. Secara bersamaan juga diikuti peningkatan kualitas unsur-unsur yang berpengaruh terhadap keberhasilan IB yaitu ternak, peternak, semen beku, dan petugas (Inseminator, PKb dan ATR)”, jelasnya dikutip dari keterangan resmi.

Berdasarkan data kumulatif hingga 4 September 2017, capaian IB nasional sebesar 2,3 juta ekor atau 59,3% dari target 4 juta ekor. Sementara, capaian kebuntingan sebesar 811.342 ekor atau 26,9 % dari target 3 juta ekor, serta kelahiran sebesar 509.975 ekor.

Adapun, kontribusi Aceh terhadap target nasional sebesar 105.867 akseptor IB dan 60.344 ekor kebuntingan. Dari target tersebut, capaian IB kumulatif Aceh per 4 September 2017 mencapai 26.305 ekor atau 24,8%. Sebagai perbandingan, capaian IB Lampung mencapai 65,5%, Sumut 62,3%, dan Sumbar 54,4%.

Sedangkan capaian kebuntingan, jumlah di Aceh sebesar 20.481 ekor atau 33,9% dari target. Sebagai perbandingan, capaian kebuntingan Bangka Belitung sebesar 97,1%, Riau 75,8%, dan Sumut 41,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper