Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur KA Rangkasbitung-Labuan Ditargetkan Beroperasi pada 2020

Gubernur Banten H. Wahidin Halim menambahkan jalan kereta api Rangkasbitung-Labuan diharapkan dapat mulai beroperasi pada 2020.
Ilustrasi./.Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi./.Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA- Gubernur Banten H. Wahidin Halim menambahkan jalan kereta api Rangkasbitung-Labuan diharapkan dapat mulai beroperasi pada 2020.

Dia mengemukakan Banten diklaim memiliki 1.166 Daya Tarik Wisata (DTW), yang terdiri dari 344 DTW alam, 591 DTW sejarah dan budaya, dan 231 DTW minat khusus atau buatan. 

 "Sektor pariwisata menjadi andalan Banten. Laju pertumbuhan PDRB pariwisata Banten selama 2011-2015 rata-rata tumbuh 7,35%," sebut dia.

Pada Desember 2016, jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu adalah 569.430 orang. Pada Juli 2017, jumlahnya telah menyentuh 399.551 wisatawan atau meningkat signifikan dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sekitar 385.214 wisatawan.

Sementara itu FTPL 2017 bakal digelar pada 22-24 September 2017. Fokus utamanya adalah sport tourism, di mana sebagian besar agenda acaranya berbentuk event olahraga seperti Rhino XTriathlon, Mountain Bike Cross Country dan Sunset Trail Run. 

 Kemepar  mengungkapkan event turisme olahraga sebenarnya tidak efektif dalam menarik wisatawan, kecuali kegiatan yang sudah komersial seperti MotoGP atau sepakbola internasional.

Setiap kegiatan turisme olahraga selalu mendatangkan media dari dalam dan luar negeri, sehingga event terkait mendapatkan ekspose yang terbilang besar. Untuk Indonesia, olahraga yang paling banyak dikemas dengan pariwisata adalah triathlon dan balap sepeda. 

Sayangnya, Kemenpar tidak menyebutkan jumlah total kegiatan sport tourism yang berlangsung tahun ini. Menpar hanya menyebutkan ada lima lomba balap sepeda sepanjang 2017. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper