Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kargo Udara Berjadwal ke Semarang : My Indo Incar Keterisian 80%

PT My Indo Airlines mengincar tingkat keterisian kargo hingga 80% untuk rute Semarang-Banten – Singapura.
 My Indo Airlines/Istimewa
My Indo Airlines/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG – PT My Indo Airlines mengincar tingkat keterisian kargo hingga 80% untuk rute Semarang, Banten, Singapura.

Dimaz Ramandyta, Cargo Sales Manager My Indo Airlines mengatakan saat ini pihaknya memiliki kapasitas 15,5 ton per kali penerbangan. Pada saat penerbangan perdana dari Bandara Ahmad Yani, Semarang ke Soekarno- Hatta, Baten lalu lanjut ke Singapura pihaknya telah dapat mengisi kapasitas hingga 25%.

“Tapi, dari Soekarno-Hatta ke Singapura full 100% atau 15,5 ton. Cuma dari Semarang ke Jakarta dan sebaliknya masih dua iglo atau sekitar empat ton,” kata Dimaz di Semarang, Kamis (27/7/2017).

Dia mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terus menerus dalam satu bulan ke depan untuk potensi bisnis kargo dari Jawa Tengah ini. Meski begitu, ia optimis keterisian akan terus tumbuh dalam waktu dekat karena besarnya potensi bisnis kargo dari Jawa Tengah.

“Keputusan kami membuka rute ke Jawa Tengah karena ada empat kawasan industri yang jadi potensi. Selain itu kami adalah pesawat penerbangan terakhir [sehingga dapat menunggu agen pengepul lebih lama],” katanya.

Sasaran

Dimas mengatakan sebagai maskapai yang fokus pada pengangkutan barang kargo melalui udara (freighter aircraft) pihaknya memiliki keunggulan jenis pesawat. Jika maskapai berpenumpang hanya menyediakan dimensi kotak pembungkus ukuran rendah, pihaknya dapat melayani produk hingga ketinggian 200 cm.

“Untuk itu, kami mengincar pengangkutan produk furniture, mesin, garmen, dan general kargo,” katanya.

Saat ini potensi yang juga besar dari Jawa Tengah adalah suplai ikan hidup dan produk kerang segar ke pasar Singapura.

Dimaz menyebut, terdapat potensi delapan ton setiap hari yang diminta pengusaha ke pihak airlines. Tapi, jadwal penerbangan yang tersedia belum dapat mengakomodasi.

“Mereka minta pukul 11 malam sudah di Singapura,” katanya.

Saat ini pihaknya melayani satu kali penerbangan dari Singapura ke Semarang via Banten atau sebaliknya satu kali sehari. Pesawat akan mendarat 11.30 WIB di Semarang, dan kembali berangkat ke Singapura pada 21.00 WIB. Sedangkan jadwal terbang ditetapkan Selasa-Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper