Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuk Lari Berlatar Belakang Alam di Ijen Green Run 2017

Acara internasional bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017 digelar pada Minggu (23/7/2017)
Ilustrasi./.Codyapp
Ilustrasi./.Codyapp

Bisnis.com, JAKARTA–Acara internasional bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017 digelar pada Minggu (23/7/2017).

Kegiatan olahraga yang akan diselengarakan di Bumi Blambangan itu adalah ajang wisata berpadu olahraga lari alam bebas (trail run).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan acara ini sekaligus akan memanjakan para pelari dengan destinasi menawan mulai dari rimbun perkebunan kopi, cengkeh, dan pinus, hutan, sungai, persawahan, hingga suasana khas perdesaan.

Yak tak kalah menarik, para pelari alan disuguhkan pengalaman menantang karena para pesertanya akan diajak menelusuri dataran dan lereng Gunung Ijen yang terkenal keindahannya.

"Para peserta akan ditantang dengan rute tanjakan serta melintasi berbagai bentang alam kawasan Gunung Ijen Banyuwangi. Bisa dibayangkan asyiknya. Pagi hari kita berlari menaklukkan lereng Ijen sambil menembus kabut. Belum lagi mata disejukkan dengan pemandangan terasering sawah yang membentang kehijauan," ujar Anas, mengutip keterangan resminya, Rabu ( 19/7/2017).

Lebih lanjut Anas menjelaskan, Banyuwangi Ijen Green Run tahun ini melombakan tiga kelas; 5 kilometer, 15 kilometer, 27 kilometer. Titik awal Ijen Green Run bertempat di rest area Jambu, Desa Tamansari, kecamatan Licin, Banyuwangi. Acara akan dimulai dimulai pagi hari pukul 06.00.

“Para pelari akan melintasi lereng, tanjakan curam, belantara perkebunan, hutan mahoni, lansekap sawah nan hijau, dan menyeberangi sungai dengan latar Pegunungan Ijen yang menjulang gagah. Pelari pun selain disuguhi pemandangan yang indah, mereka juga akan merasakan hawa segar udara pegunungan,” ucapnya.

Yang lebih seru, ada kejutan di even sport tourism Banyuwangi Ijen Green Run 2017. Event sport tourism ini tak hanya diikuti atlet saja. Miss Southeast Asia Tourism Ambassador 2016, Dikna Faradiba juga akan mengikuti ajang sport tourism ini.

Bila ambil bagian, Anda bisa menikmati pesona kaki Gunung Ijen sambil ditemani puteri kecantikan yang sukses menyambar empat gelar Miss Tourism International (MTI) 2016.

Hingga saat ini, 467 pelari dari mancanegara maupun berbagai daerah di Indonesia, telah mendaftarkan diri melalui online. Mereka datang dari berbagai kabupaten/kota. Di antaranya dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Kediri, Madiun, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Denpasar, Buleleng, Badung, Jember, Pasuruan, Situbondo. Selain itu, ada peserta dari Bekasi, Tangerang, dan Palangkaraya. Sementara dari luar negeri, peserta yang mendaftar tercatat dari Jerman, Thailand, Kenya, dan beberapa negara lainnya.

Event-event serupa di Gunung Tambora, Rinjani, Bromo, Semeru, dan beberapa gunung lainnya, sudah sering digelar event semacam ini. Potensi-potensi wisatanya jadi dikenal. Ijen juga punya magnet sebagai destinasi pariwisata alam yang khas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper