Truk Sumbu Tiga Terlihat Melintasi Tol Brebes Timur

Kendati Kementerian Perhubungan telah menerbitkan surat keputusan untuk menunda izin kembali beroperasinya truk sumbu 3 atau lebih pascalebaran, di ruas jalan tol Brebes Timur menuju ke Palimanan sudah terlihat beberapa truk besar pengangkut barang yang melintas.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 30 Juni 2017 13:40 WIB
Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten - Antara/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, BREBES - Kendati Kementerian Perhubungan telah menerbitkan surat keputusan untuk menunda izin kembali beroperasinya truk sumbu 3 atau lebih pascalebaran, di ruas jalan tol Brebes Timur menuju ke Palimanan sudah terlihat beberapa truk besar pengangkut barang yang melintas.

Padahal, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub telah menerbitkan aturan pembatasan operasional mobil barang dengan JBI lebih dari 14.000 kg dan mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih hingga Minggu (2/7/2017) pukul 24:00.

Sebelumnya, memang pembatasan direncanakan berakhir pada Kamis (29/6/2017) pukul 24:00. Namun, menimbang proyeksi bahwa puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada H+4 Ifulfitri, Kemenhub merevisi batas akhir aturan pembatasan tersebut menjadi 2 Juli 2017 alias H+7 Lebaran.

Bagaimanapun, berdasarkan pantauan tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017, di ruas tol baru tersebut tampak beberapa truk gandeng sumbu 3 pengangkut sepeda motor yang melintas meskipun telah dilarang.

Truk- truk lain yang melintas mencakup truk pembawa logistik seperti binatang ternak atau makanan, yang memang mendapat perkecualian izin melintas selama waktu pembatasan.

Pada perkembangan lain, memasuki H+5 arus balik Lebaran, arus kendaraan menuju barat Pulau Jawa via tol Mertapada terpantau mulai macet akibat dipadati kendaraan yang sebagian besar kendaraan yang melintas memiliki nopol B yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

(Tim LL-JJB: Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser)

Tag : mudik lebaran
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top