Jalur Srandakan-Cilacap Jadi Pilihan, Tapi Minim SPBU

Jalur jalan Daendels Selatan yang menghubungkan Srandakan,Yogyakarta hingga Cilacap menjadi pilihan pemudik sebagai jalur alternatif.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 29 Juni 2017 20:38 WIB
Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar di kios milik warga - Antara

Bisnis.com, KEBUMEN — Jalur jalan Daendels Selatan yang menghubungkan Srandakan,Yogyakarta hingga Cilacap menjadi pilihan pemudik sebagai jalur alternatif. 

Sayangnya, jalur yang membentang sepanjang ratusan kilometer tersebut tidak dilengkapi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Kondisi tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mendirikan Pertamini guna memenuhi kebutuhan pengendara yang lewat.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran : Jelajah Jawa Bali 2017, mengalami kesusahan di jalur lurus ini mulai dari Srandakan hingga Gombong, Kebumen.      

Alhasil tim Bisnis Indonesia harus keluar  dari jalur yang dibangun dengan kerja rodi tersebut di Gombong. 

Tim Bisnis Indonesia mencatat, setidaknya ada tiga Pertamini milik masyarakat setempat didirikan. Bentuknya mirip SPBU Pertamina tetapi hanya memiliki satu mesin pengisian.

Bagi pemudik yang melewati jalur ini bisa memanfaatkan keberadaan Pertamini tersebut apabila benar-benar kehabisan bahan bakar.

Namun, jika ingin membeli bahan bakar di SPBU maka dapat keluar dari jalur ini di Gombong dan menuju jalur lintas selatan untuk membeli di pompa bensin setempat. 

Tim peliput: Agne Yasa, Feri Kristianto, David Eka Issetiabudi, Yanita Petriella

 

 

Sumber : TIM JELAJAH

Tag : pertamina, spbu
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top