Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Potensi Kerugian Negara dari Penjualan Bibit Lobster di NTB Capai Rp10 Miliar

Kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari digagalkannya ekspor bibit lobster ilegal dari NTB sejak 2016 hingga pertengahan 2017 mencapai lebih dari Rp10 miliar.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 20 Juni 2017  |  12:12 WIB
Potensi Kerugian Negara dari Penjualan Bibit Lobster di NTB Capai Rp10 Miliar
Lobster - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM -- Kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari digagalkannya ekspor bibit lobster ilegal dari NTB sejak 2016 hingga pertengahan 2017 mencapai lebih dari Rp10 miliar.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rina mengatakan ekspor bibit lobster ilegal dari NTB, khususnya pulau Lombok banyak dilakukan melalui Bali.

"Sebagian yang dari Bali itu asalnya dari Lombok sini. Kalau yang melalui Cengkareng itu kebanyakan dari Pelabuhan Ratu di Jawa Barat," ujar Rina saat dikonfirmasi di Mataram, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, musim-musim kemarau yang akan berlangsung hingga September mendatang patut diwaspadai. Mengingat pada musim inilah bibit lobster berkembang dan tersedia melimpah di laut.

Untuk itu, patut diwaspadai potensi ekspor ilegal yang dilakukan. Potensi bibit lobster terbesar, dipaparkan Rina berada di wilayah pantai selatan Pulau Jawa, NTB, dan NTT, serta di pantai barat Sumatera.

"Kenapa mesti jual ke luar sehingga yang dapat keuntungan itu hanya satu dua orang. Biarkan saja, dijaga kan nanti yang dapat untungnya juga nelayan," ujar Rina.

Tercatat, pada 2016 berhasil digagalkan pengiriman bibit lobster ilegal asal NTB sebanyak 122.800 ekor yang merupakan gabungan dari 6 kasus.

Potensi kerugian negara dari jumlah ini setara dengan Rp7,8 miliar. Pelaku yang berhasil diringkus sebanyak 13 orang dan sudah menjalani vonis.

Terbaru, hingga pertengahan 2017 ini tercatat sudah berhasil digagalkan 42.744 ekor bibit lobster dari 2 kasus yang terjadi. Potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan senilai Rp3,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Lobster
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top