Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Masih Cari Pembeli Gas Masela

Pemerintah mencari pembeli gas yang akan dihasilkan Lapangan Abadi, Blok Masela agar tahapan pra pendefinisian desain atau pre front end engineering design (pre-FEED) bisa dilakukan.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah mencari pembeli gas yang akan dihasilkan Lapangan Abadi, Blok Masela agar tahapan pra pendefinisian desain atau pre front end engineering design (pre-FEED) bisa dilakukan.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pihaknya akan mulai mencari pembeli gas Masela ketika Inpex sebagai operator Blok Masela memulai pre-FEED.

Adapun, Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian akan mencari pembeli gasnya.

"Yang mencari kita. Kita arrange dengan Kementerian Perindustrian," ujarnya di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Pascakunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ke Jepang, pada 16 Mei, telah disepakati bahwa pre-FEED dilakukan dengan satu opsi kapasitas produksi dan satu pulau.

Adapun, pada surat perintah disebutkan bahwa kapasitas kilang LNG ditetapkan 9,5 juta ton per tahun (million ton per annum/MTPA) dan produksi gas pipa sebesar 150 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd).

Kendati demikian, dia menilai melalui kajian pasar masih terdapat dua peluang keterserapan gas pipa yakni antara 150 MMscfd dan 474MMscfd.

Terlepas dari itu, dia menyebut komitmen para pembeli harus langsung diikat melalui perjanjian jual beli gas agar terdapat kepastian pembeli.

"Bukan sekadar head of agreement. Kalau head of agreement, bisa berubah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper