7 Tips Hemat di Hari Raya

Bisnis.com, JAKARTA Bagi umat Muslim, Lebaran atau Idul Fitri adalah momen paling penting setelah selama satu bulan penuh menjalani puasa di bulan Ramadan.

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi umat Muslim, Lebaran atau Idul Fitri adalah momen paling penting setelah selama satu bulan penuh menjalani puasa di bulan Ramadan. Di hari Lebaran, umat Muslim merayakan kemenangannya menjalani puasa dengan penuh suka cita. Ada beberapa kebiasaan dan tradisi turun-temurun yang biasanya dilakukan umat Muslim di Indonesia dalam menyambut Lebaran.

Pertama, Lebaran selalu identik dengan silaturahmi dan saling bermaafan. Kedua, Lebaran selalu dikaitkan dengan segala sesuatu yang baru, terutama baju baru. Ketiga, makanan khas Lebaran berupa opor, ketupat sayur, rendang, dan aneka kue kering. Tradisi lain yang selalu ada saat Lebaran adalah angpau dan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

Demi merayakan Lebaran, banyak orang tidak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam, bahkan menggunakan tabungannya. Untungnya, di Indonesia sendiri, ada istilah Tunjangan Hari Raya atau THR untuk memenuhi kebutuhan Lebaran seperti yang dijabarkan di atas.

Tapi, tak jarang juga banyak orang memanfaatkan dana THR ini untuk kebutuhan mendesak, seperti biaya sekolah. Nah, ketika dana Lebaran Anda terbatas, maka perlu pandai-pandai berhemat mengatur keuangan dengan dana yang ada, tanpa mengurangi kesakralan dalam merayakan Lebaran. Untuk itu, Anda wajib simak 7 tips hemat di hari raya berikut ini:

1. Susun rencana jauh-jauh hari

Kuncinya adalah cermat dalam perhitungan pengeluaran anggaran selama Lebaran. Salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencana dan anggaran jauh-jauh hari. Seperti yang kita ketahui, harga tiket transportasi umumnya ‘menggila’ selama Lebaran. Jadi, setidaknya belilah tiket mudik Anda sekitar 2–3 bulan sebelum Lebaran, dengan estimasi harga masih lebih murah dibanding tiket saat jelang Lebaran.

2. Pilih transportasi terbaik dan murah

Mungkin beberapa orang mudah menentukan transportasi yang nyaman dan murah untuk mudik ke kampung halaman yang jaraknya tidak begitu jauh. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang mudik ke daerah yang jaraknya jauh dan membutuhkan waktu sangat lama? Jelas, pesawat terbang adalah pilihan terbaik.

Agar pengeluaran naik pesawat tak jebol, pilihlah maskapai yang menawarkan harga tiket lebih murah. Anda hanya perlu rajin memantau harga tiket yang dijual setiap hari oleh para situs pemesanan tiket online.Timing Anda membeli tiket sangat berpengaruh pada harga tiket itu sendiri.

3. Pantau promo tiket murah

Untuk memantau promo tiket pesawat murah dengan mudah, Anda bisa menggunakan fitur Notifikasi Harga atau Price Alerts dari Traveloka. Fitur ini akan menampilkan notifikasi perubahan harga secara harian atau mingguan lewat Traveloka App. Keuntungannya, Anda akan mendapatkan harga tiket pesawat sesuai budget, bahkan lebih murah.

Anda pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan kuota internet karena tak perlu mengecek bolak-balik harga tiket secara manual. Selain fitur Price Alerts, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Easy Reschedule, Flight Reminder, Online Refund, dan Multiple Payment Methods untuk kemudahan urusan perjalanan mudik Lebaran dari awal hingga akhir.

4. Siapkan angpau

Setelah urusan tiket selesai, saatnya untuk bergeser ke masalah angpau. Angpau biasanya diberikan pada anak-anak, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk yang satu ini.

Hal terpenting adalah sediakan lembaran uang baru dengan nominal tak terlalu besar. Masukkan uang ke amplop kecil bergambar lucu yang bisa membuat mereka antusias. Sebisa mungkin, dari sekarang, tukarlah uang pecahan dua ribu atau lima ribuan ke bank sebelum Anda mudik.

5. Pangkas pengeluaran tidak penting

Jangan ragu juga memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting saat Lebaran. Bujet ini mungkin tidak disadari selalu Anda keluarkan saat Lebaran. Misalnya, baju baru tidaklah terlalu penting, asalkan pakaian yang Anda kenakan rapi dan bersih.

Selain itu, pastikan Anda tak membeli hal-hal yang kurang penting untuk dibawa saat Lebaran. Urungkan niat membawa banyak parcel atau oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman.

6. Hemat selama puasa

Jika dana Lebaran tahun ini terbatas, maka Anda harus semakin hemat selama berpuasa untuk menambah dana lebih saat Lebaran. Berhemat selama puasa dapat dilakukan lewat beberapa cara. Misalnya, memasak sendiri menu sahur dan buka puasa atau membuat sendiri takjil berbuka puasa. Anda pun harus membatasi undangan buka puasa yang bisa saja bikin pengeluaran bertambah akibat jajan atau belanja yang tak terduga.

7. Menabung

Mulailah menabung untuk persiapan Lebaran Anda tahun depan. Sedikitnya, sisihkan 10% gaji Anda setiap bulan untuk tabungan Lebaran tahun depan agar budget Anda tidak lagi terlalu dibatasi.

Last but not least, jangan menghambur-hamburkan seluruh uang Anda saat Lebaran. Jangan sampai Anda “bangkrut” pasca-Lebaran.

Jika ketujuh tips tadi bisa Anda lakukan tahun ini, Lebaran Anda dijamin akan lebih tenang dan sakral tanpa harus stres memikirkan biaya hidup pasca-hari raya. Anda bisa mencicil semua tips di atas dimulai dari menghemat pengeluaran saat puasa dan mencari tiket pesawat murah di situs booking dengan beragam fitur yang bisa diandalkan untuk kebutuhan perjalanan mudik. Selamat berhemat dengan bijak untuk Lebaran yang menyenangkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper