Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga CPO Turun, Bea Cukai Tak Pungut Bea Keluar

Penurunan harga Crude Palm Oil (CPO) di bawah US$750 berimbas pada penerimaan bea keluar Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai.

Bisnis.com, JAKARTA – Penurunan harga Crude Palm Oil (CPO) di bawah US$750 berimbas pada penerimaan bea keluar Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, penurunan tersebut terjadi pada bulan ini, sehingga karena di bawah US$750, otoritas kepabeanan tidak bisa menarik bea keluar dari setiap ton CPO.

“Karena turun dan dibawah angka tersebut, kami tidak bisa menarik baya keluar,” kata Heru dalam keterangan yang dikutp Bisnis, Senin (15/5/2017).

Kendati demikian, Heru menyatakan realisasi penerimaan bea keluar hingga tanggal 10 Mei kemarin sudah melampui asumsi APBN.

Berdasarkan catatan Bisnis hingga 10 Mei kemarin, total penerimaan DJBC senilai Rp34,96 triliun.

Komposisi penerimaan terbesar berasal dari cukai senilai Rp22,1 triliun, kemudian bea masuk senilai Rp11,4 triliun, dan bea keluar senilai Rp1,3 triliun.

“Targetnya Rp340 miliar, namun realisasinya hampir mencapai Rp1,3 triliun. Kinerja penerimaan bea keluar tersebut didukung oleh kenaikan harga CPO,’ jelasnya.

Adapun, dari total penerimaan cukai, kontribusi paling banyak berasal dari cukai hasil tembakau senilai Rp20,5 triliun.

Sedangkan kontribusi dari objek penerimaan cukai lainnya masih jauh dibandingkan cukai dari tembakau, misalnya dari MMEA yang hanya Rp1,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper