Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Ajukan Pengadaan 5 Kapal Ikan Penyangga

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah mengajukan pengadaan kapal penyangga berbobot 100 gross ton (GT) guna kepada Kementerian Kelautan & Perikanan guna menyokong kebutuhan bahan baku industri pengolahan ikan.

Bisnis.com, MANADO -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah mengajukan pengadaan kapal penyangga berbobot 100 gross ton (GT) guna kepada Kementerian Kelautan & Perikanan guna menyokong kebutuhan bahan baku industri pengolahan ikan.

Ronald Sorongan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara mengatakan kapal penyangga dibutuhkan untuk menyerap hasil tangkapan ikan di wilayah yang jauh dari sentra pengolahan.

"Daerah kita kan kepulauan, kapal penyangga ini nanti mobile jemput bola," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (26/4/2017).

Dia mengimbuhkan, Sulawesi Utara membutuhkan lima kapal penyangga agar hasil ikan di wilayah kepulauan bisa diserap untuk menunjang bahan baku industri pengolahan ikan.

Hingga saat ini, 57 pabrik pengolahan ikan menurut Ronald masih kekurangan bahan baku kendati moratorium alih muat tangkapan di tengah laut atau transhipment sudah dilonggarkan.

Ronald menerangkan, operasional kapal penyangga juga bakal memudahkan nelayan menjual hasil ikannya.

Kapal penyangga yang dilengkapi pendingin membuat nelayan tak perlu menjual tangkapan ikan ke tempat yang jauh dari basis nelayan.

Hingga tahun berjalan, produksi ikan Sulawesi Utara mengalami sedikit peningkatan. Ronald menyebut kenaikan terutama disumbang oleh produksi nelayan kecil.

Total produksi ikan Sulawesi Utara mencapai 235.000 ton, meningkat dari tahun lalu sebear 220.000 ton.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper