Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Greenbelt Olah 40 Ton Sampah Organik per Hari

Greenbelt Resources Corporation akan mengolah sampah organik di Kawasan Industri Jababeka sebanyak 40 ton per hari. Sampah tersebut berasal dari industri, rumah tangga, dan restoran yang ada di kawasan tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Greenbelt Resources Corporation akan mengolah sampah organik di Kawasan Industri Jababeka sebanyak 40 ton per hari. Sampah tersebut berasal dari industri, rumah tangga, dan restoran yang ada di kawasan tersebut.

Greenbelt Resources merupakan perusahaan penyedia teknologi pengelolaan produk akhir asal Amerika Serikat yang telah meneken nota kesepahaman kerja sama dengan Kawasan Industri Jababeka.

CEO Greenbelt Darren Eng menyampaikan sampah organik tersebut akan dikelola dengan manajemen zero waste strategy menjadi sejumlah produk termasuk bioethanol, pakan ternak, pupuk, dan air difusi yang dapat dikomersilkan.

“Teknologi kami didesain hanya untuk food waste. Kami sudah mengimplementasikan teknologi ini di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Australia. Dari Jababeka, kami mengambil sampah mereka. Pembangunan proyeknya 60% dengan local content,” jelas Darren di Jakarta, Selasa (25/4).

Sebagai perbandingan, Jakarta memproduksi sekitar 1.400 ton sampah organik per hari. Greenbelt akan menyerap sampah makanan dari Jababeka, mengolahnya, lalu hasilnya akan dimanfaatkan oleh perusahaan atau dijual pada masyarakat. Hasil penjualan diperkirakan mencapai Rp79,7 miliar pada kurun waktu 5 tahun mendatang.

Proyek bernama JababECO ini ditargetkan dapat menghasilkan 500.000 galon bioethanol serta pakan ternak dan pupuk cair. Energi terbarukan yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan di KI Jababeka yang sebelumnya menggunakan bahan bakar diesel. Adapun, kawasan itu memiliki sekitar 1.400 perusahaan dari berbagai sektor industri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Ratna Ariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper