Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Temu Trump & Xi Dimulai, Diawali Santap Steak New York

Mengawali tatap muka pertama mereka, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping duduk bersama menyantap ikan Dover sole panggang dan strip steak New York sebagai menu makan malam mereka pada Kamis waktu setempat.
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump (paling kanan). Ikut mendamping Ibu Negara China Peng Liyuan saat makan malam pada awal pertemuan puncak 6-7 April 2017 di  Florida./.Reuters
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump (paling kanan). Ikut mendamping Ibu Negara China Peng Liyuan saat makan malam pada awal pertemuan puncak 6-7 April 2017 di Florida./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Mengawali tatap muka pertama mereka, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping duduk bersama menyantap ikan Dover sole panggang dan strip steak New York sebagai menu makan malam mereka pada Kamis waktu setempat.

Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, bergabung dengan Trump dan istrinya, Melania, di meja panjang dalam ruang makan pribadi dengan nyala lilin dilengkapi ornamen bunga merah dan kuning di tengah meja.

Dalam jamuan tersebut, mereka menggunakan waktu untuk bercakap-cakap dengan hangat sebelum mendalami isu-isu keamanan bilateral dan perdagangan.

Sebelum makan malam, Trump berseloroh bahwa di antara dirinya dan Xi Jinping telah mengalami diskusi panjang dan sejauh itu belum mendapatkan hasil apa-apa.

“Namun, kami telah mengembangkan persahabatan – saya dapat melihatnya - dan saya pikir dalam jangka panjang kami akan memiliki hubungan yang sangat, sangat besar dan saya menantikan hal itu,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters (Jumat, 7/4/2017).

Pertemuan Trump dengan Presiden China Xi Jinping dimulai pada Kamis di resot Mar-a-Lago, Florida dan dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari. Ini menjadi pertemuan tatap muka pertama sejak Trump menjabat pada 20 Januari.

Trump mengatakan ia ingin menumbuhkan perhatian tentang praktik perdagangan China serta mendesak Xi Jinping untuk melakukan lebih banyak upaya dalam mengendalikan ambisi nuklir Korea Utara.

Gembar-gembor selama pertemuan mereka dibayangi oleh isu kebijakan luar negeri mendesak lainnya, yakni respon AS terhadap serangan gas racun mematikan di Suriah. Seorang pejabat AS mengatakan pada Kamis bahwa Gedung Putih dan Pentagon sedang mendiskusikan sejumlah opsi militer.

Trump dan Xi Jinping juga diperkirakan akan masuk ke diskusi-diskusi lebih rinci tentang isu-isu perdagangan dan kebijakan luar negeri pada hari ini, serta menyimpulkan pertemuan mereka dengan makan siang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper