Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaet Penumpang, Blue Bird Luncurkan Aplikasi My Blue Bird

Perusahaan transportasi PT Blue Bird Tbk. berencana merilis fitur aplikasi pemesanan taksi My Blue Bird pada April 2017 di Manado.
Taksi Blue Bird/Antara
Taksi Blue Bird/Antara

Bisnis.com, MANADO - Perusahaan transportasi PT Blue Bird Tbk. berencana merilis fitur aplikasi pemesanan taksi My Blue Bird pada April 2017 di Manado.

Blue Bird juga berencana menambah fitur pemesanan taksi pada layanan GO-CAR besutan PT Gojek Indonesia.

Manager Blue Bird Manado, Alexander Nababan, mengatakan aplikasi My Blue Bird diharapkan bisa menjaring lebih banyak pelanggan di ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut.

Aplikasi tersebut menuru Alex membuat pemesanan taksi lebih ringas dan cepat. Penumpang juga bisa mengetahui lokasi taksi yang dipesan beserta nomor taksi dan identitas pengemudi.

"Di Jakarta aplikasi ini kan sudah ada. di Manado mudah-mudahan bulan depan, bareng dengan aplikasi Gojek," jelasnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, perusahaan taksi berlogo burung biru memang telah menjalin kerja sama dengan Gojek. Pelanggan GO-CAR bisa mendapat taksi Blue Bird saat melakukan pemesanan kendaraaan roda empat.

Pelanggan GO-CAR yang mendapat taksi Blue Bird sebagai armada GO-CAR tetap menikmati tarif promo dan promo yang sama dengan armada GO-CAR lainnya. Dengan kata lain, Blue Bird mendapat tambahan basis pelanggan baru dari pengguna aplikasi GO-CA

Alex mengungkapkan, di Manado kondisi pasar taksi terbilang sehat karena pemain ride apps atau layanan transportasi berbasis aplikasi belum marak seperti di Jakarta. Saat ini hanya Gojek yang baru beroperasi di Manado.

Menurut Alex, tingkat utilisasi atau penggunaan armada Blue Bird di Manado mencapai 90%. Artinya, 225 armada Blue Bird selalu hilir mudik mengantarkan penumpang.

Di sisi lain, Blue Bird juga berencana menambah layanan sewa bus dengan memboyong brand Big Bird ke Manado. Alex menerangkan, industri pariwisata yang tengah menggeliat di Bumi Nyiur Melambai menjadi peluang yang menjanjikan untuk ekspansi sewa bus.

Sepanjang 2016, jumlah kunjungan turis asing ke Sulawesi Utara mencapai 48.288 orang atau meningkat 178,4%.

Sementara itu, kunjungan turis domestik sepanjang tahun lalu tercatat 1,48 juta atau tumbuh 38,64% secara tahun. Adapun per Januari 2017, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, muhibah wisatawan asing ke Sulawesi Utara mencapai 7.674 orang atau naik 12 kali lipat dibandingkan dengan Januari 2016.

Jumlah wisatawan asing tahun ini diperkirakan bakal terus meningkat berkat adanya penerbangan langsung dari sejumlah kota di China ke Manado. Secara keseluruhan ada 81 penerbangan carter langsung ke Manado. Selain itu, maskapai Silk Air terbang secara reguler empat kali dalam sepekan dari Singapura ke Manado.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper