Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

16 Kepala Negara Tandatangani Dokumen Jakarta Concord

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-20 negara-negara di kawasan Samudra Hindia, tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA), yang diselenggarakan di JCC Jakarta pada 5-7 Maret 2017.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Senior Singapura Mohammad Maliki Bin Osman di tengah KTT IORA, Senin (6/3).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Senior Singapura Mohammad Maliki Bin Osman di tengah KTT IORA, Senin (6/3).
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-20 negara-negara di kawasan Samudra Hindia, tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA), yang diselenggarakan di JCC Jakarta pada 5-7 Maret 2017.

Pada Senin siang (6/3/2017), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Senior Singapura Mohammad Maliki Bin Osman di tengah KTT IORA, Senin (6/3).

Selain itu, Menlu juga telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Uni Emirat Arab Maitha Salam Al Shamsi di tengah KTT IORA.

Indonesia memegang keketuaan IORA periode 2015–2017 dengan Afrika Selatan sebagai Wakil Ketua pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke–15 di Padang. Indonesia juga satu-satunya ketua IORA yang menetapkan tema selama masa keketuaan, yaitu "Strengthening Maritime Cooperation in a Peaceful and Stable Indian Ocean".

Gagasan dan prakarsa strategis Indonesia pada masa keketuaannya yang telah disetujui antara lain (i) membentuk IORA Concord sebagai outcome strategis 20 tahun IORA; dan (ii) penyelenggaraan KTT IORA (one-off) pada Maret 2017.

Dalam kapasitasnya tersebut, Indonesia menetapkan prioritas untuk memperkuat regionalisme di kawasan Samudera Hindia melalui pembentukan IORA Concord, pengarusutamaan gagasan Poros Maritim Dunia, memajukan kerja sama IORA dan isu lintas sektoral dan melanjutkan penguatan institusi.

Selama masa keketuaanya, Indonesia berkomitmen untuk mengadakan program kegiatan konkret bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga RI terkait The 3rd Indian Ocean Dialogue; International Symposium "IORA 20thAnniversary: Learning from Past and Charting the Future"; IORA Business Innovation Center (BIC); IORA Guide for Investment; The 2nd Blue Economy Conference; Regional Workshop: "Interseksi Kebudayaan dan Peradaban  di Samudera Hindia"; dan IORA Cultural Expo.

Saat ini, IORA beranggotakan 21 negara yaitu Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Persatuan Emirat Arab, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand dan Yaman.

Selain itu, IORA juga menggandeng 7 negara mitra dialog, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Perancis dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Terdapat juga 2 organisasi peninjau di IORA yaitu Indian Ocean Tourism Organization(IOTO) dan Indian Ocean Research Group (IORG).

Bagaimana pertemuan tersebut berlangsung dan apa saja hasil yang dicapai dari pertemuan negara-negara di lingkaran Samudera Hindia tersebut? Bisnis melaporkannya dalam live reportase selama pertemuan berlangsung.

13:51 WIB
Pukul 13.26 WIB: Spot Comex Menguat 2,4 Poin

Harga emas Comex kontrak Desember 2018 menguat 2,4 poin atau 0,2% ke level US$1.225,60 per troy ounce.

13:13 WIB
Hari Ketiga Pkl 13.13 WIB: 16 Kepala Negara Tandatangani Dokumen Jakarta Concord

Sebanyak 16 kepala negara anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Association /IORA) menandatangani Dokumen Jakarta Concord pada pukul 12.15 WIB di Jakarta, (7/3).

Dokumen ini memuat beberapa isu penting di antara negara anggota IORA a.l. tiga isu penting untuk kerja sama IORA di masa depan, yaitu pemberdayaan perempuan, blue economy, promosi demokrasi.

Jakarta Concord adalah dokumen strategis yang berisi visi dan norma kerja sama IORA ke depannya, untuk memperkuat arsitektur regional dalam menghadapi tantangan di kawasan.

Selain dokumen itu, KTT IORA juga akan menghasilkan tiga dokumen lain, yakni IORA Action Plan, IORA Declaration on Preventing and Countering Terorism and Violent Extrimism, terakhir Joint Declaration of the IORA Bussiness Community to Build Partnerships For a Sustainable and Equitable Economic Growth.

11:02 WIB
Hari Ketiga Pkl 11.02 WIB: Jusuf Kalla Akan Bertemu Sultan Oman & Wapres India

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan perwakilan dari negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) di sela-sela KTT IORA, Selasa (7/3).

Dari jadwal pertemuan bilateral, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan bertemu dengan Sultan Oman Qaboos bin Said Al-Said, Wakil Presiden India Hamid Ansari, dan Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein.

Selain itu, wapres juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Deputi Perdana Menteri Singapura dan Menteri Koordinator untuk Keamanan Nasional, Deputi Perdana Menteri Somalia Mohamed Omar Artch.

16:48 WIB
Pkl. 16.59 WIB: 21 Kamar Dagang Deklarasi Bersama Pacu Peran Swasta

Joint Declaration 21 Kamar Dagang negara anggota IORA untuk meningkatkan kontribusi swasta bagi pertumbuhan ekonomi di negara-negara anggota kawasan Samudera Hindia di JCC Jakarta, Senin (6/3/2017).

16:10 WIB
Pkl. 16.10 WIB: Dirut PII Paparkan Skema PPP Andalan Pembangunan Infrastruktur RI

Dalam Business Summit IORA sesi III tentang perkembangan pariwisata, Senin (6/3), Sinthya Roesly, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, mengungkapkan skema public private partnership (PPP) menjadi andalan bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

15:23 WIB
Pkl. 15.23 WIB: CEO CIMB Group Soroti Rendahnya Akses Wanita Asia Terhadap Perbankan

Dalam Business Summit IORA, Senin (6/3), CEO CIMB Group Dato' Sri Nazir Razak mengatakan hanya 46% wanita di Asia yang memiliki akun perbankan dan hanya 60% wanita Asia yang memiliki akses kepada kredit.

15:10 WIB
Pkl. 15.10 WIB: CEO Astrade Australia Berbicara Peran Wanita Dalam Inovasi Bisnis

Stephanie Fahey, CEO Astrade, Australia, berbicara tentang peran wanita dalam inovasi bisnis di Business Summit, KTT IORA, Senin (6/3).


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper