Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SENTIMEN PASAR 6 MARET: Perundingan Pemerintah - Freeport Picu Bank Papan Tengah Saling Salip

Perundingan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia memasuki babak baru. Masing-masing pihak bakal mengajukan bentuk penawaran mengenai kepastian fiskal dan hukum dalam izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Keinginan Freeport akan diakomodasi jika selaras dengan keinginan pemerintah (Investor Daily)
Area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua./Antara
Area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua./Antara

Bisnis.com, JAKARTA —Perundingan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia memasuki babak baru. Masing-masing pihak bakal mengajukan bentuk penawaran mengenai kepastian fiskal dan hukum dalam izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Keinginan Freeport akan diakomodasi jika selaras dengan keinginan pemerintah (Investor Daily)

Kompetisi Aset Perbankan. Lansekap pemeringkatan perbankan dilihat dari sisi kepemilikan aset, menunjukkan perubahan posisi. Kondisi ini mencerminkan persaingan ketat terutama di lini bank papan tengah. (Bisnis Indonesia)

IPO Anak Usaha BUMN. Kementerian BUMN memperkirakan terdapat sembilan anak usaha BUMN yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) saham dengan target perolehan dana Rp21 triliun sepanjang 2017. (Bisnis Indonesia)

Target Pertumbuhan Ekonomi. Pemerintah harus menggenjot pertumbuhan ekonomi tahun ini ke level 5,5%, di atas asumsi APBN 2017 sebesar 5,1%, untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tahun depan minimal 6%. Agar pertumbuhan tahun ini lebih akseleratif, pemerintah sebaiknya  menambah belanja modal  dengan  memperlebar ruang defisit APBN hingga 3% terhadap produk domestik bruto (PDB), dari saat ini sekitar 2,4%. (Investor Daily)

Target Bea Cukai. Direktoral Jenderal bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengusulkan kenaikan target penerimaan bea keluar tahun ini. Jika dalam APBN 2017, penerimaan bea keluar ditargetkan hanya Rp340 miliar, diusulkan naik dengasn potensi tambahan lebih dari Rp1,2 triliun. (Kontan)

Penerimaan Pajak. Direktorat Jenderal Pajak optimistis realisasi penerimaan pajak tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu. Keyakinan tersebut didorong oleh perbaikan di sejumlah sektor penerimaan perpajakan. (Bisnis Indonesia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper