Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Genjot Industri Kreatif Lewat Pameran Lukisan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa,
Ilustrasi Pameran lukisan/Bisnis.com-Natalia Indah
Ilustrasi Pameran lukisan/Bisnis.com-Natalia Indah

Bisnis.com, JAKARTA-- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa,

 

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM danEkonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan tema pameran klai ini adalah "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2 – 20 Maret 2017 di di Museum Nasional, Jakarta.

 

Menurutnya, seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, sektor seni rupa Indonesia pun memiliki potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya. 

 

“Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri,” ungkapnya melalui siaran pers Senin (6/3)

 

Erik mengatakan, banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri. Padahal bila dimaksimalkan ragam karya, seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa. 

 

Menurutnya, langkah ini sinergis dengan arahan blue print Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kolaborasi diantara Cendekiawan (Intellectuals), Bisnis (Business), dan Pemerintah (Goverment) dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

 

Seperti diketahui, Sidik W. Martowidjojo adalah pelukis Indonesia yang karya-karyanya telah diakui secara internasional dan memenangkan 2 (dua) penghargaan gold dari dari Louvre Internationals Arts di Carrousel du Louvre, Paris. Selain itu Sidik juga telah memenangkan berbagai penghargaan lain dari kompetisi lukisan berskala internasional termasuk dari National Art Museum of China (NAMoC), Beijing dan dinobatkan sebagai anggota peneliti (Research Fellow) pada Chinese Academy Of Art di Beijing, mulai 2007.

 

Sementara itu Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan P. Roeslani, prestasi yang diraih Sidik telah mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia dan layak untuk diapresiasi. 

 

Dengan mengusung tema "PENCERAHAN", pameran ini akan menampilkan 80 buah karya lukisan Sidik yang memadukan gaya impresionisme, ekspresionisme dan abstrak dari barat dan timur sebagai wujud kolaborasi seni lukis dengan kaidah seni lukis barat dan seni kebudayaan Indonesia. Kurator pameran Jim Supangkat menyebutnya seni sebagai gejala universal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper