Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi dari WWF Indonesia Ini Mampu Pantau Kawasan Konservasi

WWF Indonesia meluncurkan aplikasi Marine Buddies untuk membantu masyarakat mengenali kawasan konservasi yang tersebar di berbagai pelosok negeri.
Ilustrasi: Pesona laut Indonesia/indonesia.travel
Ilustrasi: Pesona laut Indonesia/indonesia.travel

Bisnis.com, JAKARTA—WWF Indonesia meluncurkan aplikasi Marine Buddies untuk membantu masyarakat mengenali kawasan konservasi yang tersebar di berbagai pelosok negeri.

Benja Victor Mambai, Plt CEO WWF Indonesia mengatakan aplikasi berbasis android dan iOS ini akan memungkinkan masyarakat aman mengawasi dan terlibat langsung dalam pengelolaan 165 kawasan konservasi. Pengguna aplikasi bisa menilai kondisi kawasan, mengawasi, dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggungjawab.

“Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya untuk melibatkan publik dalam mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam,” ujarnya, Kamis (2/3/2017).

Benja menuturkan peluncuran aplikasi ini merupakan bagian dari kampanye bertajuk #TemanTamanLaut yang digagas WWF. Kontribusi masyarakat melalui aplikasi Marine Buddies diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk mewujudkan pengelolaan kawasan yang efektif dan bermanfaat.

Kampanye #TemanTamanLaut mengajak masyarakat untuk memulai dengan langkah sederhana yaitu, mengenali kawasan konservasi bahari di Indonesia, mengunjungi dan mendukung penerapan praktik aktivitas bahari yang bertanggung jawab, serta mengawasi pengelolaan kawasan konsevasi bahari dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.

WWF Living Blue Planet Report yang dirilis pada September 2015 menyatakan kondisi ekosistem laut beserta sumber dayanya mengalami penurunan dalam beberapa dekade terakhir. Diperlukan komitmen bersama dari otoritas kebijakan, pengusaha, dan juga masyarakat luas untuk memastikan terkelolanya sumber daya kelautan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper