Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata Mangrove Penting Bagi Manusia. Ini Penjelasannya

Mangrove yang selama ini dikenal sebagai sebutan lain untuk tanaman hutan bakau ternyata memiliki manfaat penting bagi manusia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Februari 2017  |  15:27 WIB
Ternyata Mangrove Penting Bagi Manusia. Ini Penjelasannya
Hutan Mangrove - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mangrove yang selama ini dikenal sebagai sebutan lain untuk tanaman hutan bakau ternyata memiliki manfaat penting bagi manusia.

Ilmuwan senior dari Center for International Forestry Research (CIFOR) Profesor Daniel Mudiyarso mengatakan bahwa hutan bakau atau mangrove penting untuk dilestarikan karena memberikan banyak manfaat.

"Mangrove dapat menjadi sumber makanan, air bersih, kayu, serat serta bahan bakar bagi makhluk hidup lainnya," kata Daniel ketika berbicara di seminar lingkungan hidup yang diadakan di Pusat Kebudayaan Italia Jakarta, Kamis (2/2) malam seperti dilaporkan Antara, Jumat (3/2/2017).

Dalam seminar "Mangroves ecosystems in Indonesia: A strategic resource for a local sustainable economy and adaptation to climate change" (Ekosistem Mangrove di Indonesia: Sumber Daya Strategis untuk Ekonomi Berkesinambungan dan Adaptasi terhadap Perubahan Iklim) itu, Daniel mengatakan mangrove juga dapat menjadi sumber energi, menjaga perubahan cuaca, kemungkinan bencana alam dan juga pembersihan air.

Sementara itu, Direktur Wetlands International Indonesia I Nyoman N Suryadiputra mengatakan bahwa pada saat ini, hutan bakau di Indonesia mengahadapi beberapa ancaman.

"Ancaman terbesar yang dihadapi oleh mangrove termasuk penebangan kayu mangrove sebagai kayu bakar atau arang, alih fungsi menjadi lahan pertambakan atau kebun kelapa sawit dan pengalihan lahan menjadi infrastruktur," kata Suryadiputra.

Selain itu, pengikisan akibat ombak atau abrasi juga menjadi salah satu faktor berkurangnya mangrove di Indonesia.

Indonesia adalah rumah dari seperempat mangrove yang ada di seluruh dunia, namun selama 30 tahun terakhir, banyak dari hutan bakau tersebut telah menghilang akibat urbanisasi, pembangunan infrastruktur pesisir dan bencana alam.

Hutan bakau merupakan ekosistem terbesar kedua di dunia yang menyimpan karbon, terutama pada akarnya, sehingga hilangnya hutan bakau dapat berpengaruh besar terhadap perubahan cuaca atau climate change.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mangrove

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top