Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungan PM Abe : Luhut Promosi Potensi Investasi di RI

Pemerintah Indonesia menarik investasi Jepang dalam berbagai sektor pada momentum kedatangan PM Jepang Shinzo Abe ke Tanah Air.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 15 Januari 2017  |  20:47 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan - Reuters/Darren Whiteside
Luhut Binsar Pandjaitan - Reuters/Darren Whiteside
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menarik investasi Jepang dalam berbagai sektor pada momentum kedatangan PM Jepang Shinzo Abe ke Tanah Air. 
 
Di hadapan delegasi bisnis Jepang, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan berpromosi menyampaikan sejumlah daya jual Indonesia. 
 
Pertama-tama, dia memulainya dengan 'menjual' stabilitas ekonomi, politik dan pertahanan serta perubahan yang didorong Presiden Joko Widodo; hingga kesenjangan pembangunan di Indonesia bagian timur yang jadi peluang bagi investor Jepang. 
 
"Ekonomi Indonesia saat ini berada pada kondisi yang baik sehingga kami merasa cukup nyaman di tengah-tengah ekonomi global yang tidak cukup baik. Kami sangat mewaspadai krisis middle east yang bisa melebarkan radikalisme ke mana saja," kata Luhut di awal pidatonya, di Jakarta, Minggu (15/1/2017).
 
Dia menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi di atas 5%, angka inflasi di bawah 3% serta perbaikan rasio gini untuk menunjukkan keadaan ekonomi Indonesia yang membaik. 
 
Setelah menyebutkan faktor pendukung investasi, Menteri Luhut mengungkapkan masalah disparitas pembangunan. 
 
"Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan maritim yang sangat luas. masih ada disparitas antara Indonesia timur dan barat sehingga membuka peluang bagi teman-teman sahabat kami dari Jepang untuk memlakukan investasi di sini," tambahnya. 
 
Dia merayu pemerintah dan sektor swasta Jepang sekaligus. Menteri Luhut menyebutkan beberapa peluang lagi terutama di sektor infrastruktur seperti menyangkut pembangunan kereta api cepat Jakarta- Surabaya. 
 
"Kami ingin mencoba melihat Jepang sebagai model dan kami ingin pembangunan infrastruktur dapat dilakukan dengan cepat. Kami harap pengusaha-pengusaha Jepang dapat terlibat lebih banyak," lanjutnya. 
 
Kemudian, Luhut juga menegaskan pemerintah Indonesia telah berusaha untuk mengatasi masalah terkait efisiensi dalam berbisnis yang selama ini menjadi hambatan terbesar bagi para investor. 
 
Selanjutnya, dia kembali menawarkan peluang-peluang lain yang masih potensial termasuk di bidang maritim dan pariwisata serta industri perikanan dan pengembangan energi. 
 
"Kami ingin hubungan pemerintah Indonesia- Jepang lebih erat lagi dalam bidang ekonomi maritim. Kami juga ingin sampaikan tentang 10 destinasi wisata yang baru kami buka dan kami harap pemerintah dan swasta Jepang dapat terlibat di situ," tutup Luhut. 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shinzo abe pm jepang
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top