Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Rini Minta Jatim Jadi Pionir Ekspor Produk Halal

Menteri BUMN Rini Soemarno menginginkan Provinsi Jawa Timur bisa menjadi pioner eksportir produk makanan bersertifikasi halal karena dinilai memiliki potensi besar.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – Menteri BUMN Rini Soemarno menginginkan Provinsi Jawa Timur bisa menjadi pioner eksportir produk makanan bersertifikasi halal karena dinilai memiliki potensi besar.

“Kami ingin mendorong supaya Jatim menjadi pioner produk makanan bersertifikasi halal secara internasional karena potensinya besar, kita tidak boleh kalah dengan negara lain yang banyak memiliki produk halal,” katanya di sela-sela Peresmian Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Dia menyatakan Kementerian BUMN siap menjadi jembatan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baik melalui pembinaan usaha oleh semua BUMN yang ada, hingga mempromosikannya melalui Kedutaan Besar RI di negara-negara luar.

“BUMN akan menjembatani UMKM dengan bantuan kedutaan besar, misalnya Kedutaan Besar kita di Arab Saudi, kita akan hubungkan ke sana karena kalau UMKM sendiri biasanya kan sulit untuk pemasaran ekspor,” jelas Rini.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo menambahkan peminat produk makanan halal dari luar negeri sangat besar, misalnya seperti Jepang yang banyak mengimpor produk makanan halal guna memenuhi kebutuhan konsumen atau wisatawan yang datang ke Jepang.

“Dorongan dari pemperintah Jatim sendiri ada melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jatim yang akan membantu membuat label hak kekayaan intelektual, dan label halal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper