Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LIBUR NATARU 2017: Kunjungan Turis di Pantai Manggar Melonjak 70%

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan mencatat kunjungan wisatawan di Pantai Manggar Segara Sari meningkat lebih dari 70% pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 04 Januari 2017  |  04:26 WIB
Ilustrasi wisatawan di pantai - Bisnis/Feri Kristianto
Ilustrasi wisatawan di pantai - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan mencatat kunjungan wisatawan di Pantai Manggar Segara Sari meningkat lebih dari 70% pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Berdasarkan catatan pemkot, pengunjung pantai wisata andalan Balikpapan itu mencapai 34.000 orang, meningkat bila dibandingkan dengan kunjungan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 18.000 orang.

"Tahun ini meningkat karena waktu liburnya cukup lama. Selain itu kami juga menambah sarana dan prasarana di pantai setiap tahunnya. Hal ini tentunya menarik minat wisatawan untuk berkunjung lagi ke Pantai Manggar," jelas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan Oemy Fasesly, Selasa (3/1/2017).

Sejalan dengan meningkatnya jumlah kunjungan, penerimaan pendapatan asli daerah melalui retribusi uang masuk tempat wisata juga meningkat. Oemy mengatakan semasa libur kemarin, retribusi dari Pantai Manggar mencapai Rp131 juta.

Adapun perolehan retribusi pada periode yang sama tahun lalu mencapai Rp70 juta. Kenaikan retribusi tersebut, lanjut dia, bukan hanya karena jumlah pengunjung yang meningkat. Namun juga karena tarif retribusi yang dinaikkan.

Yakni Rp5.000 untuk anak-anak yang mulanya Rp2.000 saja, dan Rp10.000 untuk dewasa yang mulanya Rp5.000. Tarif retribusi itu diberlakukan mulai Minggu (1/1).

"Kami harap Pantai Manggar tetap menjadi destinasi yang dipilih pengunjung untuk berwisata. Kami akan terus perbaiki fasilitas dan menambah sarana yang ada agar pengunjung tertarik datang ke pantai," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan wisatawan
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top