Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Ini, 809 Guru Honorer di Balikpapan Tak Dapat Dana BOS

Pemerintah Kota Balikpapan memastikan sepanjang 2017 809 guru honorer SMA dan SMK tidak akan memperoleh dana bantuan operasional (BOS) dalam susunan APBD 2017 yang telah disahkan.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 04 Januari 2017  |  04:23 WIB
Demo guru honorer - Antara/Ilustrasi
Demo guru honorer - Antara/Ilustrasi

 

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan memastikan sepanjang 2017 sebanyak 809 guru honorer SMA dan SMK tidak akan memperoleh dana bantuan operasional (BOS) dalam susunan APBD 2017 yang telah disahkan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan tidak adanya alokasi anggaran untuk guru honorer mulai tahun ini dikarenakan kewenangan SMA dan SMK telah diambil oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Bantuan untuk guru honorer per tahunnya dianggarkan Rp5 miliar. Kalau sudah defisit tidak dianggarkan, apalagi APBD tahun ini sudah disahkan," jelasnya, Selasa (3/1/2017).

Dia juga mengatakan meskipun gubernur menginstruksikan agar pemerintah kota mengakomodir guru honorer SMA dan SMK, kewenangan tetap berada di pemerintah provinsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Muhaimin mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kepala sekolah seluruh SMA dan SMK di kota minyak agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Menurutnya, peraturan mengenai kewenangan tersebut tertuang dalam rencana peraturan daerah provinsi Kaltim yang saat ini masih bersifat uji publik lantaran belum disahkan.

"Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) yang dibuat SMA/SMK sampai sekarang belum diajukan ke Dinas Pendidikan Provinsi. Kalau sudah diajukan bisa jadi pertimbangan untuk tetap dianggarkan guru honorer," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan guru honorer
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top