Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Natal dan Tahun Baru: 53 Ribu Kendaraan per Hari Diprediksi Masuk tol Tangerang-Merak

PT Marga Mandalasakti akan mengoptimalkan pelayanan selama Natal dan Tahun Baru 2017
Tol Tangerang-Merak/wikipedia
Tol Tangerang-Merak/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA-PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak akan mengoptimalkan fasilitas dan layanan jalan tol untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan yang akan terjadi pada libur Natal dan Tahun Baru.

Salah satu upayanya yaitu dengan mengoptimalkan pengoperasian gardu di gerbang-gerbang tol serta pembagian Kartu Tanda Masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan. Libur Natal yang berlangsung selama 3 hari biasanya akan dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung atau berwisata. Puncak arus lalu lintas tersebut diprediksi terjadi pada hari Jumat tanggal 23 Desember 2016.

Menyusul kemudian puncak lalu lintas libur tahun baru terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2016. Sedangkan untuk lalu lintas tanggal 1 Januari 2017 di pagi hari akan cenderung sepi dan mulai ramai pada sore hari terutama di jalur arah Jakarta.

Menurut data MMS, trafik lalu lintas pada puncak libur Natal dan tahun baru ini diperkirakan pertumbuhan kendaraan naik sebesar 0,40% dibanding trafik normal atau rata-rata sebanyak 128 ribuan kendaraan menjadi 164 ribuan kendaraan perharinya selama tanggal 23 Desember 2016 s.d. 1 Januari 2017.

Prediksi pertumbuhan trafik tersebut berdampak pada peningkatan sebanyak 53 ribu kendaraan per harinya yang akan memasuki Gerbang Tol Cikupa atau sekitar 5.300 kendaraan per jam.

Selain itu, MMS juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika diperlukan untuk menghadapi lonjakan kendaraan. Jika terjadi peningkatan kendaraan di Serang Timur baik entrance maupun exit dan antrean melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan keluar Serang Barat. Begitu juga jika lonjakan terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur maka akan diarahkan untuk keluar di Cilegon Barat.

Sedangkan untuk Gerbang entrance Merak siap menerima pengalihan dari Gerbang Tol Cilegon Barat, Gerbang exit Merak jika antrean melebihi batas aman akan dialihkan keluar Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

MMS juga menyiapkan para petugas untuk siaga mengatur antrean di setiap gerbangnya. Armada layanan lalu lintas tol Tangerang-Merak pun siap 24 jam setiap hari untuk membantu dan melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak. Terkait adanya pekerjaan peningkatan kualitas jalan yang terjadi di beberapa titik di ruas Tangerang-Merak, pengguna jalan dihimbau untuk tetap waspada.

“Dalam pengerjaan ini tentunya telah dipasang rambu kerja agar pengguna jalan menaati rambu lalu lintas di jalan tol dan berkendara dengan waspada dan berhati-hati,” kata Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Nur Indah Permanasari.

Untuk mempercepat transaksi pembayaran tol Indah juga menyarankan untuk menggunakan kartu prabayar elektronik. Tersedia juga layanan pendukung bagi pengguna jalan tol antara lain, 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 14 Truck Derek, 3 Unit kendaraan Kamtib, 2 kendaraan manlift, 10 Variable Message Sign (VMS), 37 unit closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di ruas jalan, 1.666 unit Penerangan Jalan Umum, 65 Lampu Peringatan.

Tempat Istirahat tersedia di KM 68 dan KM 43 arah Merak dan KM 68 dan KM 45 arah Jakarta. Informasi layanan lalu lintas dapat menghubungi call center MMS 0254-20 78 78 dan Bebas Pulsa 0 800-1 77 78 79 serta melalui twitter @tol_mms. Pengguna jalan juga dapat mengunjungi website MMS www.margamandala.co.id untuk mendapat petunjuk arah wisata Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper