Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA ACEH: 70% Fasilitas RSUD Pidie Jaya Rusak

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pidie Jaya Erlinda mengakui, sekitar 70% fasilitas kesehatan milik pemerintah setempat rusak karena guncangan gempa 6,5 skala richter (SR) Rabu pagi.
Ilustrasi gempa/Antara
Ilustrasi gempa/Antara

Kabar24.com, MEUREUDU - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pidie Jaya Erlinda mengakui, sekitar 70% fasilitas kesehatan milik pemerintah setempat rusak karena guncangan gempa 6,5 skala richter (SR) Rabu pagi.

"Sekitar 70% bangunan RSUD rusak dan tidak bisa dipergunakan," katanya di komplek RSUD setempat di Meureude, Rabu (7/12/2016).

Erlinda menyampaikan, dampak dari gempa itu 50 kamar rawat inap tidak bisa dipergunakan karena dindingnya retak parah dan dikhawatirkan akan roboh jika terjadi gempa susulan.

"Sebanyak 50 kamar rawat inap tidak berani kita gunakan dan hanya 15 kamar rawat inap yang bisa dipakai, selebihnya korban ditangani oleh tim medis di tenda darurat dan dirujuk ke RSUD Sigli, RSUD Bireuen dan RSU Zainoel Abidin Banda Aceh," ujarnya.

Untuk mengantispasi lonjakan rujukan korban gempa, pihaknya mendirikan dua tenda darurat di halaman rumah sakit tersebut. "Kami sudah antispasi dan tim dokter IDI dari Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara sudah tiba dan siap membantu serta melayani korban gempa," katanya lagi.

Ia memastikan jumlah obat yang tersedia di RSUD masih tercukupi, bahkan dokter dari Tim Pemerhati Kepala dan Leher sudah datang dengan membawa sejumlah bantuan obat dan makanan.

"Tim pemerhati dari Rumah Sakit Cut Mutia, Dinkes Aceh Utara, Rumah Sakit Datu Beru Takengon yang keseluruhan ada 50 orang dipimpin oleh Indra Z sudah tiba di sini dengan membawa sejumlah bantuan alat medis, obat-obatan dan amakanan," akuinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper