Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Kadin: Proyek Listrik Mangkrak Sebaiknya Dikerjakan Kembali

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani berharap agar proyek kelistrikan yang mangkrak bisa dikerjakan kembali karena kini Indonesia memerlukan pasokan daya tambahan untuk menunjang pembangunan.
Ilustrasi pembangkit listrik/Bisnis Indonesia
Ilustrasi pembangkit listrik/Bisnis Indonesia

Bisnis.com, JAYAPURA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani berharap agar proyek kelistrikan yang mangkrak bisa dikerjakan kembali karena kini Indonesia memerlukan pasokan daya tambahan untuk menunjang pembangunan.

"Ya memang pembangunan mangkrak, rencananya ada 17 yang hendak didorong lagi oleh pemerintah melalui PLN. Oleh sebab itu, kita harapkan yang mangkrak itu bisa berjalan lagi," ujarnya di Jayapura, Senin (21/11/2016).

Dia memandang anggaran triliunan rupiah yang telah dikeluarkan untuk membangun sejumlah pembangkit tersebut harus memiliki dampak positif bagi masyarakat dan dunia usaha.

"Memang kebutuhan dananya tidak sedikit. Pemerintah pun mempunyai keterbatasan dalam pendanaan pada saat ini," kata dia.

Rosan menganggap untuk mengejar target 35.000 megawatt (MW) pemerintah harus menggandeng investor karena kini kondisi keuangan negara belum memadai.

"Keberadaan investor, baik investor nasional atau asing sangat diperlukan, tidak bisa dipungkiri itu diperlukan karena pemerintah melalui BUMN memiliki keterbatasan dana karena adanya perlambatan perekonomian dunia dan Indonesia," ujarnya lagi.

Menurutnya, investor yang dimaksud adalah pengusaha yang memang bergerak di bidang energi, tapi tidak menutup kemungkinan adanya pemodal yang ingin membangun industri sekaligus memenuhi kebutuhan listriknya sendiri. "Tapi tidak banyak investor yang mau bangun industri dan bangun power plant-nya juga, tidak semua seperti itu," ujar Rosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper