Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Bidik Bali Pasarkan BBM Oktan Tinggi

PT Pertamina (Persero) membidik Provinsi Bali untuk memasarkan bahan bakar minyak jenis baru dengan oktan 98, memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki spesifikasi kendaraan bermesin canggih.
Ilustrasi/JIBI-Rachman
Ilustrasi/JIBI-Rachman

Bisnis.com, BALI--PT Pertamina (Persero) membidik Provinsi Bali untuk memasarkan bahan bakar minyak jenis baru dengan oktan 98, memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki spesifikasi kendaraan bermesin canggih.

"Kebutuhan di Bali nisbi tinggi, selain sebagai tujuan wisata, juga banyak kendaraan canggih yang memiliki kompresi tinggi di sini," kata General Manajer Pertamina Marketing Operation Regional V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Ageng Giriyono saat meluncurkan BBM Oktan Tinggi, Pertamax Turbo, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Jumat.

Menurut dia, Bali merupakan daerah ketujuh di Indonesia yang disasar perusahaan minyak dan gas BUMN itu untuk memasarkan BBM oktan 98.

Ageng menjelaskan BBM oktan tinggi itu hadir untuk menjawab perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih, misalnya, penggunaan "supercharger, turbocharger, gasoline direct injection" yang menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Uji pasar pertamax turbo di Pulau Dewata dilakukan, setelah melihat respon positif konsumen dari hasil uji pasar di Jawa Timur dengan konsumsi yang rata-rata penjualan 133 kiloliter per hari atau 36 persen lebih tinggi dibandingkan angka rata-rata penjualan harian bahan bakar pertamax plus di Jawa Timur.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Heppy Wulansari mengatakan tren dan respon positif tersebut diharapkan menular di Bali seiring dengan rencana pertambahan gerai-gerai SPBU yang memasarkan BBM oktan 98 di Pulau Dewata.

Untuk uji pasar di Bali, Pertamax Turbo mulai tersedia di dua SPBU yakni SPBU 54.803.29 Nusa Dua, Kabupaten Badung dan SPBU 54.80.106 Sanur, Denpasar.

Dengan dilakukan uji pasar di Pulau Bali, kini jumlah gerai BBM baru itu di wilayah MOR V sudah mencapai 102 SPBU di 11 kota dan kabupaten di Jawa Timur dan Bali.

Pertamina menargetkan akan menambah gerai di Bali yang menjual BBM baru itu sebanyak enam SPBU, sekaligus mengganti pertamax plus di SPBU itu dengan pertamax turbo.

Pertamina, lanjut dia, sebelumnya bekerja sama dengan Lamborghini melakukan uji di kejuaraan "Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series" di Eropa. Uji coba juga dilakukan di Italia dan Belgia.

Untuk kebutuhan pasar di Tanah Air, BBM baru tersebut juga dihasilkan di kilang Pertamina di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper