Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Babel Diminta Migrasi dari Elpiji Melon ke Tabung 5,5 Kg

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan elpiji 5,5 kilogram agar ketersediaan elpiji bersubsidi 3 kg cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu di daerah itu.
Bright gas 5,5 Kg/JIBI-Rachman
Bright gas 5,5 Kg/JIBI-Rachman

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan elpiji 5,5 kilogram agar ketersediaan elpiji bersubsidi 3 kg cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu di daerah itu.

"Kami berharap masyarakat yang bukan penerima elpiji subsidi beralih menggunakan elpiji nonsubsidi," kata Kepala Disperindag Kepulauan Babel Yuliswan di Pangkalpinang, Kamis (10/11/2016).

Dia menjelaskan saat ini PT Pertamina telah meluncurkan dan mendistribusikan 4.850 tabung elpiji nonsubsidi ukuran 5,5 kilogram, sebagai upaya mencegah kelangkaan dan menekan harga gas elpiji subsidi di masyarakat yang berkisar Rp20.000-Rp25.000 atau lebih tinggi dibandingkan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Rp16.000 per tabung.

"Selama ini penyaluran gas elpiji bersubsidi ini masih banyak yang tidak sasaran, sehingga ketersediaan gas murah itu kurang dan masyarakat penerima subsidi sulit mendapatkan gas tersebut," katanya.

Dia meminta pedagang pengecer tidak lagi menjual elpiji bersubsidi itu. "Dalam waktu dekat ini kami akan menertibkan pedagang pengecer yang masih menjual elpiji tiga kilogram untuk memberlakukan HET elpiji di masyarakat," ujarnya.

Dia mengakui sulit untuk memberlakukan HET gas bersubsidi, karena banyaknya pedagang sembako yang menjual gas ukuran 3 kg ini.

"Selama ini elpiji subsidi ini dijual secara bebas dengan harga yang bervariasi, sehingga penerima subsidi terpaksa membeli gas di atas HET yang ditetapkan dan ini jelas merugikan penerima subsidi pemerintah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper