Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permudah Logistik, Tiga Pelabuhan di Papua Disiapkan

Pemerintah siap meningkatkan arus barang ke Papua melalui dua pelabuhan yaitu Pelabuhan di Sorong dan Pelabuhan di Arar dan satu pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Seget.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 09 November 2016  |  20:05 WIB
Pelabuhan Sorong - Antara
Pelabuhan Sorong - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah siap meningkatkan arus barang ke Papua melalui dua pelabuhan yaitu Pelabuhan di Sorong dan Pelabuhan di Arar dan satu pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Seget.


Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II, Elvyn G Masassya mengatakan saat ini dua pelabuhan yang sudah beroperasi itu masih akan dibantu pemerintah dengan pelabuhan lain yaitu Pelabuhan Seget.


“Dekat Sorong juga, untuk yang Arar dan kota Sorong sudah beroperasi. seget sedang dalam proses untuk memulai pembangunannya,” tutur Elvyn di Menara Bidakara, dalam acara Forum Diskusi Logistik Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) pada Rabu (9/11).


Dia menyatakan proses untuk pelabuhan di Seget proses sudah berjalan antara lain; pembebasan lahan dan studi kelayakkan. Sementara untuk konstruksi khusus untuk di Sorong dan Arar sudah mulai dilakukan, sementara di Seget baru akan dimulai tahun depan.


Terkait jalur logistik pada dua pelabuhan tersebut, Elvyn mengaku masih akan dilakukan upaya pertumbuhan secara bertahap. Dia berharap setelah menyediakan pelabuhan, kemudian aka nada manfaat-manfaat lanjutan yaitu distribusi barang menjadi lebih mudah.


“Kemudian di sekitarnya juga kita akan mencari agar ada barang yang bisa dikirimkan keluar dari situ. Di beberapa daerah misalnya, perikanan bisa dibawa keluar. Sedangkan yang masuk misalnya komoditas yang dibutuhkan di daerah setempat,” jelasnya.


Guna merealisasikan rencana tersebut, Elvyn juga sudah melakukan komunikasi kepada para pengusaha perkapalan. Pasalnya, dalam komunikasi terbatas itu pihak pengusaha kapal menyambut positif rencana pemerintah.


“Kapasitasnya tentu masih kecil. Ini kan pelabuhan adanya di kecamatan, tetapi dia ada di daerah-daerah yang membutuhkan konektivitas. Maka kita ikutsertakan di situ, maka mendorong distribusi barang ke seluruh Indonesia dan bisa mengakibatkan transaksi ekonomi yang lebih tinggi,” ujarnya. 


Elvyn menargetkan pelabuhan-pelabuhan ini bisa dibuka pada Desember 2016 mendatang. Adapun kapasitas Pelabuhan di Sorong sekitar 1 juta TEUs.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan papua
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top