Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bea Cukai Tanjung Priok Resmi Gunakan E-Seal

Jajaran Bea Cukai Tanjung Priok terus kembangkan inovasi pelayanan untuk mempermudah proses importasi, salah satunya adalah dengan penggunaan electronic seal atau e-seal untuk melakukan pemindahan kontainer atau yang biasa disebut pindah lokasi penimbunan.
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Jajaran Bea Cukai Tanjung Priok terus kembangkan inovasi pelayanan untuk mempermudah proses importasi, salah satunya adalah dengan penggunaan electronic seal atau e-seal untuk melakukan pemindahan kontainer atau yang biasa disebut pindah lokasi penimbunan.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Fadjar Donny mengungkapkan penggunaan e-seal memanfaatkan fitur GPS (global positioning system). Alat ini bisa dilacak melalui sistem teknologi informasi mulai titik awal pemasangan, jalur yang dilalui kontainer yang terpasang e-seal, hingga titik akhir e-seal tersebut dilepas.

“Harapan kami, dengan penggunaan e-seal dalam pemindahan lokasi penimbunan barang impor yang belum selesai kewajiban pabeannya dapat meningkatkan pengawasan menjadi lebih intensif namun tetap memberikan pelayanan yang cepat. Para pengguna jasa juga dapat memantau histori perjalanan kontainer secara real time,” ungkapnya, Kamis (3/11/2016).

E-seal, lanjutnya, sudah diuji coba pertama kali pada bulan Oktober 2015, di mana dalam masa uji coba tersebut telah dilakukan penyempurnaan sistem meliputi jaringan, geofence tempat penimbunan sementara (TPS) dan alur perjalanan antar TPS.

Terhitung mulai 7 Maret 2016, kegiatan pemindahan lokasi penimbunan barang impor bagi TPS wajib menggunakan e-seal. Pada awal peluncurannya jumlah e-seal yang tersedia sebanyak 241 unit per Desember 2015. Sampai saat ini total e-seal yang tersedia sudah mencapai 710 unit.

“Pada 1 November 2016, Bea Cukai Tanjung Priok juga sudah meresmikan e-seal control room yang akan digunakan petugas sebagai sarana pengawasan secara real time terhadap kontainer yang dilekati e-seal,” ujarnya.

Inovasi ini, katanya, merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja Bea Cukai Tanjung Priok dalam memperlancar arus pengeluaran barang dari pelabuhan.

Selain itu, diharapkan dengan semakin lancarnya arus logistik impor melalui penyederhanaan prosedur kepabeanan dan cukai dapat mewujudkan iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper