Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopma Jadi Ajang Berwirausaha

Koperasi Mahasiswa yang berkembang di berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan diintensifkan dan diarahkan menjadi laboratorium kewirausahaan bagi mahasiswa.Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) , Prakoso Budi Susetyo mengatakan Kopma menjadi wadah yang potensial bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan kewirausahaan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com,JAKARTA- Koperasi Mahasiswa yang berkembang di berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan diintensifkan dan diarahkan menjadi laboratorium kewirausahaan bagi mahasiswa.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) , Prakoso Budi Susetyo mengatakan Kopma menjadi wadah yang potensial bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan kewirausahaan.

“Selain itu Kopma juga bisa menjadi laboratorium tempat mahassiswa belajar tentang koperasi secara langsung,” katanya, Jumat (28/10/2016).

Menurut Prakoso, Kopma bisa menjadi tempat bagi pendidikan anggota koperasi yakni para mahasiswa sekaligus menjadi titik awal bagi calon anggota koperasi untuk dapat memahami seluk beluk koperasi, khususnya terkait tujuan, prinsip dasar, organisasi, dan manajemen koperasi.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk mendorong dan mengintensifkan Kopma sebagai laboratorium pembelajaran koperasi secara benar.

"Kopma didorong sebagai media dan tempat untuk belajar berkoperasi secara komprehensif sehingga mampu menciptakan SDM koperasi yang profesional didasari dengan kemampuan intelektual yang memadai sebagai mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan, di era keterbukaan yang penuh dengan persaingan diperlukan SDM koperasi yang produktif dan bersaya saing, baik sebagai pengurus, pengelola, maupun anggota koperasi yang memiliki usaha. Oleh karena itu, ia menilai kemampuan kewirausahaan harus dikembangkan.


Prakoso menegaskan, Koperasi mahasiswa merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kemahasiswaan, dimana koperasi menjadi laboratorium kewirausahaan, tempat praktik dan latihan dalam membangun dan mengembangkan sikap mental kewirausahaan koperasi.

"Melalui Kopma ini diharapkan akan lahir kader-kader koperasi dan wirausaha muda yang mampu mewujudkan koperasi sebagai soko guru perekonomuan nasional dan mampu menciptakan wirausaha yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsa," katanya.

Dengan begitu maka koperasi akan mampu membuka lebih banyak lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja yang berimbas pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan.

Prakoso juga mengharapkan perguruan tinggi dengan Tri Dharma perguruan tingginya yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dapat bersinergi dalam membangun koperasi dan UMKM.

Menurut dia, perguruan tinggi dapat berperan memberikan dukungan keilmuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh koperasi dan UMKM, pusat konsultasi bisnis, klinik usaha, inkubator bisnis dalam membantu penciptaan dan pemantapan usaha koperasi dan UMKM, serta menjadi sumber kreativitas dan inovasi produk KUMKM dengan memanfaatkan hasil penelitian para ilmuwan atas peluang dan potensi

"Perguruan tinggi juga kami harapkan untuk selalu memberikan pendampingan dan konsultasi serta advokasi kepada koperasi dan UMKM yang memerlukan," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper