Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG Kesulitan Sosialisasikan Iklim ke Petani

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika NTB mengaku masih menghadapi kendala dalam menyampaikan informasi cuaca dan iklim kepada para petani.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 26 Oktober 2016  |  17:32 WIB
Petani merawat tanamannya - Antara
Petani merawat tanamannya - Antara

Bisnis.com, MATARAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika NTB mengaku masih menghadapi kendala dalam menyampaikan informasi cuaca dan iklim kepada para petani.

Kepala Stasiun Klimatologi NTB, Wakodim mengatakan, meskipun setiap bulan BMKG telah memberikan informasi kepada para petani berkaitan dengan cuaca dan iklim dalam bentuk buletin, masyarakat masih belum sepenuhnya paham tentang fungsi buletin tersebut.

"BMKG setiap bulan memberikan informasi kepada petani berupa buletin, dan buletin itu mestinya dibaca dan dicermati," ujar Wakodim kepada media di Mataram, Rabu (25/10/2016).  

Menurut Wakodim, minimnya informasi yang bisa diserap masyarakat melalui buletin tersebut lantaran masih banyaknya istilah yang tidak dikenal oleh masyarakat terkait dengan cuaca dan iklim.

Hal tersebut haruslah mendapat perhatian dan juga solusi dari BMKG agar informasi yang diberikan setiap bulan dapat bermanfaat bagi para petani.

"Karena mereka kurang paham tentang bahasa-bahasa iklim, melalui sosialisasi inilah yang kami berikan pemahaman. Selain itu, solusi yang coba kami berikan adalah dengan melakukan sekolah 8 iklim," ujar Wakodim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG petani
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top