Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Sumut Bangun Rumah Sumatra di Bali Bantu UMKM

Untuk memperluas pangsa pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah ke provinsi lain, dalam waktu dekat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatra Utara akan mendirikan Rumah Sumatra di Bali.
Kerajinan kreatif/JIBI-Abdullah Azzam
Kerajinan kreatif/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN—Untuk memperluas pangsa pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah ke provinsi lain, dalam waktu dekat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatra Utara akan mendirikan Rumah Sumatra di Bali.

Direktur Eksekutif Kadin Sumut Hendra Utama menyebutkan, untuk tahap awal beberapa produk UMKM yang akan dijual yakni furnitur, makanan dan minuman, fesyen, dan kerajinan tangan.

“Rumah Sumatra akan menjadi fasilitas pembantu untuk promosi dan meningkatkan jaringan bisnis para pelaku usaha Sumut, khususnya UMKM. Bali kami pilih karena bisa menjadi lokasi strategis untuk mempromosikan produk-produk Sumut tak hanya kepada provinsi lain tapi juga negara-negara lainnya,” papar Hendra, Rabu (26/102016).

Lebih lanjut, untuk pendirian Rumah Sumatra ini, selain Bali, Kadin Sumut telah bekerja sama dengan Kadin di tiga provinsi lain yakni, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah dan Papua. Komitmen Kadin Sumut ini juga didukung penuh oleh stakeholder asal Penang, Malaysia.

“Untuk realisasinya, kami akan berkunjung ke Bali pada 28-20 Oktober 2016. Kunjungan akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara. Kami juga membawa 30 pengusaha UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Sumut, serta Pemkab Deli Serdang,” tambahnya.

Selain pengusaha UMKM asal Medan dan Deli Serdang, ada pula pengusaha dari Langkat. Adapun, tiga agenda utama kunjungan ke Bali yakni penjajakan kerja sama, kunjungan ke bebera sentra promosi, dan mengunjungi lokasi-lokasi potensial untuk pendirian Rumah Sumatra.

“Terlebih dahulu kami akan menjajaki sejauh mana produk Sumut bisa bersaing di sana. Kemudian, lokasi mana yang cukup strategis untuk Rumah Sumatra. Kami sekaligus akan menghitung total investasi yang diperlukan. Tapi intinya, kami optimistis produk unggulan Sumut punya peluang. Apalagi Bali measih menjadi tujuan utama wisman ke Indonesia,” pungkas Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper