Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenaker: Angka Pengangguran 2 Tahun Terakhir Menurun

Kementerian Ketenagakerjaan mengklaim telah berhasil mengurangi angka pengangguran dalam dua tahun terakhir, meskipun perekonomian global sedang dalam kondisi yang kurang menggembirakan.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 22 Oktober 2016  |  03:01 WIB
Mencari pekerjaan - Ilustrasi/rifemagazone.co.uk
Mencari pekerjaan - Ilustrasi/rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan mengklaim telah berhasil mengurangi angka pengangguran dalam dua tahun terakhir, meskipun perekonomian global sedang dalam kondisi yang kurang menggembirakan.

Kementerian Ketenagakerjaan mendapat tugas mendongkrak kompetensi tenaga kerja Indonesia, dan meningkatkan kesejahteraan buruh. Penyelesaian angka pengangguran juga menjadi agenda utama dalam upaya perbaikan ekonomi nasional.

Kantor Staf Kepresidenan mencatat angka pengangguran di Indonesia pada 2016 mencapai titik terendah sebanyak 7,02 juta orang, atau 5,5% dari total jumlah penduduk. Jumlah itu pun lebih rendah dibandingkan dengan angka pengangguran pada 2015 yang mencapai 7,45 juta orang, atau sekitar 5,81% dari total penduduk Indonesia.

Angka tersebut pun menunjukkan Kementerian Ketenagakerjaan secara perlahan telah mampu menekan jumlah pengangguran yang berdampak kepada perekonomian nasional.

Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan, mengatakan masih banyak hal yang belum dikerjakan secara optimal. Salah satunya adalah belum maksimalnya upaya peningkatan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan industri, dan kesejahteraan buruh saat ini. “Seharusnya saya dapat bekerja lebih baik dari yang diharapkan Presiden Joko Widodo saat ini,” katanya, Jumat (21/10/2016).

Hanif pun meminta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, untuk membantunya mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengangguran
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top