Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Terminal 3 Soetta Masih Sesuai Target

Kendati progresnya baru 40% hingga saat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, pemimpin konsorsium Kawahapejaya yang membangun Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, menargetkan pembangunan terminal sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah dan PT Angkasa Pura II (Persero) pada kuartal I 2017
Hari pertama pengoperasian Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta/ Bisnis-Arif Budisusilo
Hari pertama pengoperasian Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta/ Bisnis-Arif Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA--Kendati progresnya baru 40% hingga saat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, pemimpin konsorsium Kawahapejaya yang membangun Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, menargetkan pembangunan terminal sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah dan PT Angkasa Pura II (Persero) pada kuartal I 2017

Selain itu, Wijaya Karya juga mengklaim progres pembangunan Terminal 3 masih sesuai dengan rencana, dan tidak menemui kendala hingga saat ini.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Suradi menuturkan pengerjaan proyek Terminal 3 dengan nilai kontrak Rp 4,7 triliun yang terus berjalan baik hingga saat ini tak lepas dari pengalaman Wijaya Karya membangun sejumlah terminal bandara di Indonesia.

"Kami telah berpengalaman dalam proyek pengembangan seperti bandara di Bali, Balikpapan, dan lain-lain," kata Suradi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (4/10).

Pengalaman dalam proyek bandara tersebut, tambahnya, juga dahulu menjadikan Wijaya Karya beserta beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium ditunjuk sebagai pemenang tender pembangunan Terminal 3 Soekarno-Hatta.

"Kami sebagai konsorsium ditunjuk karena memiliki beberapa kelebihan dalam pelaksanaan pekerjaan, antara lain harga yang lebih murah, pengerjaan yang efisien, serta waktu pengerjaan yang lebih cepat," tambahnya.

Sejak awal mulai dioperasikan pada 9 Agustus 2016 lalu hingga saat ini, dia mengklaim tidak ada masalah atau kekurangan yang berarti dalam proses penyelesaian pembangunan dan pengoperasian Terminal 3, yang saat ini baru mencapai 40%

"Kalaupun ada masalah seperti genangan yang terjadi pada waktu awal pengoperasian, itu bukan hal yang signifikan. Wajar genangan terjadi karena pada saat itu curah hujan sedang tinggi, sementara ada saluran air yang sempat tertutup, dan genangan yang terjadi bisa segera diatasi," katanya.

Public Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) II menambahkan pihaknya memang menargetkan Terminal 3 selesai pada triwulan pertama tahun depan.

"Kami perkirakan April 2017 kalau tidak mundur," katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (4/10). Di tengah curah hujan tinggi saat ini, dia menegaskan kondisi Terminal 3 cukup baik dan tidak terjadi genangan sama sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper