Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Percepat Pembangunan di Perbatasan NTT

Pemerintah bakal mempercepat pembangunan kawasan perbatasan secara terpadu di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.
Wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini/Ilustrasi
Wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah bakal mempercepat pembangunan kawasan perbatasan secara terpadu di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengadakan kunjungan kerja ke Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (23/8/2016).

Kunjungan tersebut dalam rangka mempercepat pembangunan kawasan perbatasan secara terpadu serta memotivasi daerah khususnya NTT sebagai daerah perbatasan wilayah Indonesia bagian selatan.

Kendati demikian, dia mengatakan masih adanya batas wilayah yang belum disepakati dengan negara tetangga, Timor Leste. 

“Masih adanya batas wilayah yang belum disepakati dengan negara tetangga baik darat maupun laut dengan Timor Leste. Ini yang menjadi perhatian khusus Menkopolhukam untuk mempercepat penyelesaian “ katanya seperti dikutip dari laman Kemendagri, Selasa (23/8/2016).

Sementara itu, Meneri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengatakan masih terdapatnya beberapa tindakan kejahatan yang terjadi di kawasan perbatasan salah satunya yaitu pencurian ikan dan perdagangan manusia.

Mendagri, Menkopolhukam, Kementerian terkait, pihak BUMN dan BNPP menggunakan tiga pendekatan dalam memonitor kawasan perbatasan, yakni pendekatan keamanan, pendekatan kesejahteraan serta pendekatan lingkungan.

Pendekatan keamanan ini berkaitan dengan ancaman terhadap keutuhan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pendekatan kesejahteraan berkaitan dengan pengembangan ekonomi dan lalu lintas perdangan, sedangkan lingkungan yakni membangun kawasan perbatasan di 187 kecamatan yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper