Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosikan Buah dan Buah Nusantara, Para Pelaku Industri Akan Gelar Festival Besar di Bogor

Ratusan pelaku industri buah dan bunga Nusantara berkomitmen mengikuti Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016 (FBBNI-2016).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan pelaku industri buah dan bunga Nusantara berkomitmen mengikuti Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016 (FBBNI-2016).

Pelaku industri buah dan bunga berasal dari kelompok produk benih dan bibit, pupuk, pestisida dan hormon, buah dan bunga segar, buah dan bunga olahan, industri kesehatan berbahan baku buah dan bunga, industri pariwisata berbasis kebun buah dan bunga nusantara, peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan bunga, dan Lembaga Keuangan/Pembiayaan.

Adapun, FBBN Internasional 2016 sendiri akan menghadirkan 500 International Trade Visitor, yang akan berasal dari kalangan pebisnis internasional (importir/distributor/wholesaler/agent/retailer), manufacturing, produsen makanan dan minuman olahan, asosiasi atau kamar dagang negara tujuan ekspor, institusi pemasaran internasional, serta institusi kerjasama perdagangan internasional.

Negara-negara yang akan hadir meliputi negara ASEAN (9 negara), Asia Timur (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia dan Selandia Baru,  negara-negara Eropa, dan Amerika.

Sebanyak 20.000 pengunjung dalam negeri diprediksi menghadiri acara ini, dan berasal dari berbagai kalangan, baik  pelaku usaha buah dan bunga nusantara, segar maupun olahan, termasuk berbagai  sarana penunjangnya, institusi pemerintah, maupun masyarakat umum.

Sebagaimana diketahui, tahun ini, Indonesia akan menyelenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN)  bertaraf Internasional di Kota Bogor pada 17-20 November 2016. 

Diselenggarakannya FBBN bertaraf internasional merupakan perintah Presiden Joko Widodo secara langsung kepada Menteri Pertanian dan Institut Pertanian Bogor, agar Indonesia pada 2016 mampu mengadakan kampanye buah dan bunga Nusantara kepada masyarakat dunia, dengan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan buyerinternasional dari berbagai negara.

“FBBN bertaraf Internasional diselenggarakan dengan mengeksplorasi kekayaan buah dan bunga  nusantara dan mempromosikan potensi ekspornya ke mancanegara – sebagai bagian dari program Gerakan Revolusi Oranye”, ungkap Meika Syahbana Rusli, Ketua Penyelenggara FBBN Internasional 2016, dalam siaran pers Jumat (22/7/2016).

Gerakan Revolusi Oranye adalah gerakan pengembangan buah nusantara secara revolusioner dalam skala perkebunan. 

Adapun, FBBN Internasional ini memiliki beberapa tujuan.

Pertama, meningkatkan jumlah  dan kapasitas produsen dan eksportir, dalam memproduksi dan  memasarkan buah dan bunga Nusantara berkualitas ekspor.

Kedua, membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara.

Ketiga, untuk meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor. 

Keempat, untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara, serta potensinya ke pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper