Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN: Ini Persiapan Terminal Bus Kalideres

Terminal bus Kalideres, Jakarta Barat, menambah lima fasilitas umum untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang selama masa mudik dan balik Lebaran, 24 Juni-16 Juli 2016.
Terminal Kalideres./Bisnis
Terminal Kalideres./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Terminal bus Kalideres, Jakarta Barat, menambah lima fasilitas umum untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang selama masa mudik dan balik Lebaran, 24 Juni-16 Juli 2016.

Kelima fasilitas baru tersebut mencakup ruang tunggu yang terpisah dari sirkulasi kendaraan, "time table" pada papan pengumuman dan pengeras suara, daftar tarif untuk setiap tujuan perjalanan, rambu penunjuk arah fasilitas terminal, serta arus bus dengan kendaraan pribadi atau penumpang.

"Keseluruhannya sudah bisa kami sediakan, yang belum hanya pemisahan arus bus dengan kendaraan pribadi karena di sini kan jalannya hanya satu jalur. Nanti kami akan usahakan petugas mengatur kendaraan pribadi termasuk sepeda motor agar jalannya agak ke pinggir sehingga tidak mengganggu bus," kata Kepala Terminal Bus Antarkota Kalideres Revi Zulkarnaen di Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Berdasarkan pantauan Antara, beberapa titik di Terminal Kalideres telah dilengkapi papan berwarna hijau dengan tulisan putih untuk menunjukkan arah fasilitas terminal.

Papan pengumuman (time table) yang dilengkapi dengan pengeras suara menyajikan informasi tentang nama perusahaan otobus (PO) yang akan berangkat, tujuan, serta waktu keberangkatannya.

Ruang istirahat pengemudi terletak di lahan bagian tengah terminal, berdekatan dengan posko pengamanan terpadu dan toilet.

Posko kesehatan, posko tes urine bagi pengemudi dan kernet, serta ruang menyusui diposisikan di dalam Kantor Terminal Kalideres karena sesuai dengan arahan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, seluruh fasilitas tersebut harus terletak di dalam ruangan.

"Di ruang menyusui nanti kami akan lengkapi juga dengan dispenser dan galon supaya ibu-ibu tidak kesulitan mencari air panas untuk membuatkan susu anaknya," kata Revi.

Sementara untuk ruang tunggu, pihaknya memanfaatkan lahan terbuka yang terletak di dekat Kantor Terminal Kalideres dan mushalla, terpisah dengan loket-loket dan tempat parkir bus.

Pemanfaatan taman sebagai ruang tunggu dimaksudkan untuk menambah kenyamanan penumpang bus.

"Kami sudah siapkan taman yang dilengkapi tenda dan kursi, supaya penumpang lebih nyaman karena teduh dan adem dengan adanya pepohonan," kata dia.

Seorang pemudik bernama Ekkuan (29) mengapresiasi peningkatan pelayanan dan fasilitas di Terminal Kalideres.

"Lebih enak dan aman. Apalagi sudah dibuat pos terpadu dan ruang tunggu yang lebih nyaman, terutama kalau kita bawa keluarga," kata dia.

"Tadi saya cek toiletnya juga sudah lumayan, tidak seperti tahun lalu kan masih kasar dan kotor," ungkapnya.

Pria yang membawa istri dan anak perempuannya dari Palembang hendak menuju Garut, Jawa Barat, itu memilih mudik lebih awal untuk menghindari macet dan membeludaknya penumpang.

"Di perjalanan juga jadi lebih nyaman, tidak berdesakan, waktu dan ongkos tidak habis di jalan," kata Ekkuan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper