Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanaman Enau Dapat Diolah jadi Gula Aren

Enau atau Aren ternyata mampu menghasil air nira yang dapat diolah menjadi gula aren yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
Gula aren/
Gula aren/
Bisnis.com, SAMARINDA - Enau atau Aren ternyata mampu menghasil air nira yang dapat diolah menjadi gula aren yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
 
Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Etnawati mengayakan pelatihan pengolahan Gula Semut di Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan Kukar pada Mei lalu.
 
Menurut dia, kunci sukses bagi bisnis usaha gula aren atau gula semut adalah proses pengolahan (produk hilir).
“Selama ini air nira (aren) hanya diolah gula merah. Padahal nilainya tinggi apabila diolah menjadi gula semut yang mudah dijual baik di pasar maupun swalayan,” ujarnya seperti yang dikutip, Kamis (9/6/2016).
 
Selain itu, gula semut dalam olahan makanan dapat memberikan keuntungan besar bagi pelaku usaha karena memiliki manis alami.
 
Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat (petani) mengolah dan memanfaatkan nira aren sebagai gula semut.
 
“Kegiatan ini selain mendukung dan pembinaan sekaligus memberikan peluang usaha pengolahan gula semut sebagai nilai tambah bagi masyarakat,” kata Etnawati.
 
Sementara itu, Kepala UPTD Teknologi Terapan Perkebunan Siti Rahmi menuturkan nira dapat diolah menjadi minuman ringan maupun beralkohol, sirup, gula dan nata de Arenga.
 
“Sebanyak 20 peserta dari dua kelompok tani Desa Tuana Tuah dilatih selama tiga hari untuk keterampilan mengolah nira aren menjadi gula semut,” ucap Siti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper