Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Salah Alamat

Langkah PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) dinilai salah alamat melaporkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo, ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia setelah dijatuhkan sanksi karena salah menurunkan penumpang.
Lion Air/Antara
Lion Air/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) dinilai salah alamat melaporkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo, ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia setelah dijatuhkan sanksi karena salah menurunkan penumpang.

Pengamat Transportasi Universitas Katholik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, di Jakarta, Selasa (7/6/2016), menilai dalam hal ini, Kementerian Perhubungan selaku regulator memiliki wewenang memberikan hukuman bagi operator yang melakukan pelanggaran.

Kewenangan yang diamanatkan Undang-undang kepada negara melalui Kementerian Perhubungan itu untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kelancaran di bidang transportasi. Sehingga sudah semestinya jika ada yang melanggar, diberikan teguran hingga sanksi, untuk memperbaiki serta membenahi pelayanan publik.

"Jadi pihak Kepolisian Indonesia harus berhati-hati dalam menangani kasus ini, sebab hal ini merupakan masalah perdata bukan masalah pidana, terlebih lagi dihubungkan dengan masalah kriminal. Jika salah menangani kasus ini maka akan menjadi bumerang bagi kepolisian," katanya.

Dikataka, seharusnya dengan sanksi pembekuan ijin operasi baru ini menjadi momentum yang tepat bagi Lion Air untuk memperbaiki kekurangannya.

Sebab, tidak dipungkiri maskapai penerbangan milik Rusdi Kirana itu --anggota Dewan Pertimbangan Presiden-- kerap melakukan kesalahan, mulai dari keterlambatan jadual keberangkatan penerbangan, bagasi penumpang dibobol dan rusak, insiden tabrakan di darat, mogok pilot hingga yang terakhir salah menurunkan penumpang internasional di terminal domestik.

Setijowarno menjelaskan, dalam dunia transportasi, keselamatan, kenyaman, dan keamanan menjadi hal yang utama apalagi untuk transportasi udara yang menggunakan standar internasional yang sangat ketat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper