Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lion Air Salah Alamat

Langkah PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) dinilai salah alamat melaporkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo, ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia setelah dijatuhkan sanksi karena salah menurunkan penumpang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Juni 2016  |  19:17 WIB
Lion Air - Antara
Lion Air - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) dinilai salah alamat melaporkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo, ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia setelah dijatuhkan sanksi karena salah menurunkan penumpang.

Pengamat Transportasi Universitas Katholik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, di Jakarta, Selasa (7/6/2016), menilai dalam hal ini, Kementerian Perhubungan selaku regulator memiliki wewenang memberikan hukuman bagi operator yang melakukan pelanggaran.

Kewenangan yang diamanatkan Undang-undang kepada negara melalui Kementerian Perhubungan itu untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kelancaran di bidang transportasi. Sehingga sudah semestinya jika ada yang melanggar, diberikan teguran hingga sanksi, untuk memperbaiki serta membenahi pelayanan publik.

"Jadi pihak Kepolisian Indonesia harus berhati-hati dalam menangani kasus ini, sebab hal ini merupakan masalah perdata bukan masalah pidana, terlebih lagi dihubungkan dengan masalah kriminal. Jika salah menangani kasus ini maka akan menjadi bumerang bagi kepolisian," katanya.

Dikataka, seharusnya dengan sanksi pembekuan ijin operasi baru ini menjadi momentum yang tepat bagi Lion Air untuk memperbaiki kekurangannya.

Sebab, tidak dipungkiri maskapai penerbangan milik Rusdi Kirana itu --anggota Dewan Pertimbangan Presiden-- kerap melakukan kesalahan, mulai dari keterlambatan jadual keberangkatan penerbangan, bagasi penumpang dibobol dan rusak, insiden tabrakan di darat, mogok pilot hingga yang terakhir salah menurunkan penumpang internasional di terminal domestik.

Setijowarno menjelaskan, dalam dunia transportasi, keselamatan, kenyaman, dan keamanan menjadi hal yang utama apalagi untuk transportasi udara yang menggunakan standar internasional yang sangat ketat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top