Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal 3 Ultimate Soetta Diharapkan Siap Untuk Angkutan Mudik Lebaran

Bila benar kondisinya sudah siap apalagi kalau PT Angkasa Pura 2 sendiri sudah menyatakan kesiapannya,sebaiknya sebelum masa angkutan mudik lebaran tahun ini,Terminal 3 Ultimate bandara Soekarno-Hatta segera dioperasikan.
Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta. /Soetta
Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta. /Soetta

Bisnis.com, JAKARTA- Pengamat penerbangan Alvin Lee mengatakan bila benar kondisi terminal 3 ultimate bandara Soekarno Hatta Tangerang  sudah siap, apalagi kalau PT Angkasa Pura 2 sendiri sudah menyatakan kesiapannya, sebaiknya sebelum masa angkutan mudik lebaran tahun ini, segera dioperasikan.

" Menurur saya, terminal 1 dan 2 itu sudah padat sekali. Sehingga bila Terminal 3 Ultimate dioperasikan sekarang , kan ini bisa diibaratkan masuk ke saat transisi. Nantinya bila masuk angkutan lebaran misalnya. Semua kekurangan Terminal 3 Ultimate sudah teratasi." ujar Alvin Lee.

Usulan itu, lanjut dia tidak berlebihan, karena biasanya di masa masa awal dipastikan saja masih ada kekurangan-kekurangan baik kekurangan ruang atau prasarana maupun kekurangan dalam pelayanan teknis." Nah bila dioperasikan menjelang angkutan lebaran, kekurangan-kekurangan tersebut bisa terdeteksi hingga nanti bisa disempurnakan," paparnya.

Alasan lain kata Alvin Lee,dia berpendapar Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah padat sekali. Lebih-lebih menjelang angkutan lebaran seperti sekarang ini.

Bahkan dia mengusulkan agar Terminal 3 Soekarno-Hatta dipakai khusus oleh Garuda Indonesia sebagaimana Maskapai Lion Air di Terminal 1.

"Jangan seperti sekarang ini, Terminal 2 misalnya, dicampur untuk penerbangan domestik/internasional," kilah dia.

Dengan tidak dicampurkannya penerbangan domestik dan internasional maka diharapkan kejadian seperti yang menimpa maskapai Lion Air di Bandara Soetta bebeberapa waktu lalu tidak terulang.

"Karena itu sekali lagi sebaiknya penerbangan domestik dan internasional dipisah tidak seperti sekarang ini disatuin," kata Alvin Lee. Usulan pemisahan ini sambung dia, agar pelayanan publik semakin transparan dan baik. Ditanya soal kesiapan maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara Soetta, ia.mengatakan bahwa melalui jalur pertemanan, ia sudah berupaya menghimbau maskapai domestik termasuk Garuda Indonesia untuk memanfaatkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper