Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elpiji "Melon" di Gorontalo Langka Jelang Ramadan, Pedagang Mulai Resah

Bahan bakar gas elpiji ukuran tiga kg ternyata mulai langkah di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan membuat sebagian warga resah menjelang Ramadan.
Tabung elpiji 3 kg/Antara
Tabung elpiji 3 kg/Antara

Bisnis.com, GORONTALO - Bahan bakar gas elpiji ukuran tiga kg ternyata mulai langkah di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan membuat sebagian warga resah menjelang Ramadan.

Menurut Saiful (49), salah satu pemilik pangkalan elpiji tiga kg yang berada di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, mengaku kelangkaan gas sudah berlangsung dua bulan lamanya akibat pasokan kurang serta minat warga membeli cukup tinggi.

"Hingga saat ini saya tidak tau apa penyebabnya sehingga elpiji langkah. Saya hanya pasrah saja sambil menunggu informasi dari pemerintah," ujar Saiful, Kamis (26/5/2016).

Saiful mengaku selain langka ada pengurangan jumlah dari kuota 100 tabung gas elpiji yang masuk menjadi 20 tabung saja untuk tiga kali dalam seminggu. "Setelah dikurangi pasokannya, ya hingga saat ini terjadi kekosongan lagi," tegasnya.

Selain pasokan kurang, pedagang sengaja mengurangi pembelian warga sehingga tidak terjadi penimbunan. "Warga yang biasa beli empat tabung kami kurangi jadi dua tabung saja. Agar yang lain bisa dapat kebagian," katanya.

Bahkan para pembeli diwajibkan dicatat nama dan alamat agar bisa dideteksi untuk tidak membeli lebih dari jatah yang sudah ada sebelumnya. Lanjutnya, jika pangkalan dan pembeli tidak bisa ikut aturan itu, maka akan dapat denda dari pihak Pertamina. Namun ia mengaku belum tahu apa jenis denda tersebut. "Entah didenda uang atau apa, saya belum diberi tahu," ungkapnya.

Dengan kondisi ini, ia selaku pengelola pangkalan mengaku rugi besar karena modal lambat berputar, sedangkan kebutuhan terus bertambah.

Dia menambahkan masyarakat dipaksa meninggalkan minyak tanah dan beralih ke gas. Namun pemerintah tidak bisa menjamin kebutuhan gas yang sudah menjadi kebutuhan dasar.

"Anehnya warga dilarang beli minyak tanah, tetapi BBM penggantinya kosong, meski begitu kami berharap agar kondisi ini bisa secepatnya kembali normal," tambahnya.

Apalagi sebagian besar masyarakat sekarang bingung, apa lagi menghadapi bulan puasa yang tentunya tingkat kebutuhannya semakin tinggi.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pohuwato Ibrahim Kiraman, mengaku jika daerahnya mendapat tambahan 1.120 tabung gas elpiji tiga kg.

Dengan begitu total tabung gas yang ada di Pohuwato sebanyak 3.360, hanya saja itu dinilai tidak cukup dan tetap terjadi kelangkaan di daerah.

Ia juga menyebut jika kekurangan agen menjadi salah satu sebab kelangkaan ini. Karena lambat dalam pendistribusian yang merata di 13 kecamatan. Makannya ada kecamatan yang tidak mendapat jatah karena sudah habis diburu oleh kecmatan lain. "Di sini (Pohuwato) hanya ada satu agen untuk melayani seluruh masyarakat," katanya.

Bahkan ia mengaku pihaknya sudah tidak tahu harus berbuat apa untuk mengantisipasi kejadian ini. Namun sebagai pemerintah, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan dengan selalu menguhubungi Pertamina untuk mencarikan solusi bersama.

"Dan jika jelang puasa masih terjadi kelangkaan, maka kami akan melakukan operasi di pasar," ungkapnya sambil menyebut belum ada informasi aksi penimbunan dilakukan oknum-oknum tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper