Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSRENBANG: Nilai Proyek Pembangunan di Balikpapan Diusulkan Rp7,2 T

Nilai proyek-proyek pembangunan yang diusulkan dalam Musrawayah Perencanaan Pembangunan Kota Balikpapan beberapa waktu lalu mencapai Rp7,19 triliun, sementara proyeksi kemampuan APBD untuk belanja langsung mencapai Rp1,85 triliun.
Balikpapan/Ilustrasi
Balikpapan/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Nilai proyek-proyek pembangunan yang diusulkan dalam Musrawayah Perencanaan Pembangunan Kota Balikpapan beberapa waktu lalu mencapai Rp7,19 triliun, sementara proyeksi kemampuan APBD untuk belanja langsung mencapai Rp1,85 triliun.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo mengatakan nilai usulan proyek terbesar berasal dari bidang fisik perkotaan, yakni Rp6,08 triliun, yang disusul oleh bidang sosial budaya yang mencapai Rp833 miliar.

“Proyeksi kemampuan APBD itu untuk belanja langsung, artinya anggarannya untuk membiayai pembangunan dan pelaksanaan kegiatan pada masing-masing dinas. Kalau misalnya nanti dapat dana alokasi khusus dan bantuan keuangan dari provinsi, proyeksi itu akan meningkat,” tutur Agus, Jumat (18/3/2016).

Namun, Agus tak dapat merincikan proyek-proyek besar mana saja yang diajukan oleh masing-masing dinas, khususnya oleh Dinas Pekerjaan Umum. Pada umumnya, proyek-proyek multiyears yang diusulkan dalam Musrenbang akan masuk dalam program pembangunan tahun mendatang.

Saat ini, ada beberapa proyek multiyears yang dikerjakan oleh Pemkot Balikpapan, yakni pembangunan Balikpapan Islamic Centre, Stadion Batakan, dan Waduk Teritip.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi belum lama ini mengumumkan akan mengebut penyelesaian pembebasan lahan untuk Waduk Teritip, sebab Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan waduk itu dapat mulai diisi air pada Agustus.

“Kalau kewajiban pengerjaan dan pembayaran proyek multiyears tahun ini selesai, berarti tahun depan proyek yang sekarang berjalan tidak ada, dan belum ada informasi lagi soal proyek multiyears yang baru,” ucap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper